Baru di Tempat Kerja? Ini yang Harus Anda Lakukan

Carisya Nuramadea | 14 Maret 2017 | 12:40 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Meskipun Anda mungkin sudah punya banyak pengalaman bekerja, ketika memasuki tempat kerja baru, mungkin Anda akan sedikit stres atau tidak nyaman. Mempertanyakan diri apakah Anda bisa sukses "mendarat" di tempat baru mulai merasuki diri Anda. Mungkin Anda cemas? Tidak masalah karena dilansir The Muse, berikut ini tip Anda sukses berada di tempat baru dan mengesankan bos maupun rekan kerja Anda.

1. Berkenalan dengan orang di luar tim

Mengenal rekan kerja di luar tim Anda bisa membuat Anda lebih memahami budaya kantor baru Anda. Ajak sesekali rekan kerja Anda untuk ngopi atau berkeliling ke kantor menemui rekan kerja yang belum pernah Anda temui. Hormati waktu orang lain, ramah dan coba ingat wajah dan nama dengan baik.

Semakin Anda tahu banyak orang, Anda tidak hanya jadi punya pemahaman tentang kantor, tapi Anda juga membangun jaringan sosial pribadi Anda. Anda akan merasakan banyak manfaatnya jika punya banyak teman di kantor.

2. Menjadi ahlinya

Ketika Anda jadi orang baru, biarbagaimanapun Anda berarti dalam masa adaptasi. Masa-masa adaptasi ini berarti Anda bekerja lebih lambat dan manfaatkan periode lambat ini. Pelajari sistem baru sebaik-baiknya, rapikan inbox email Anda, dan siapkanlah diri menghadapi apa yang akan datang. Gunakan kemampuan analisis Anda sebaik-baiknya untuk memahami sistem dan mengubah sistem menjadi lebih baik lewat pengerjaan tugas-tugas yang diberikan kepada Anda.

3. Cari proyek yang berguna dan jadilah pemimpin di dalamnya

Mulai gunakan pemahaman dan pengatahuan Anda di tempat kerja yang baru. Tunjukan ambisi Anda dengan memberi inisiatif yang akan meningkatkan kinerja sistem di area kerja Anda.

Anda bisa menulis proposal baru dan ajukan ke bos Anda atau menunjukkan sistem kerja yang lebih efektif dan efisien untuk tim Anda.

Masa awal kerja adalah masa penting dan penuh kesempatan. Gunakan masa ini dengan sebaik-baiknya. Memang sulit ketika Anda sedang beradaptasi, Anda justru harus membuat perubahan yang baik. Tapi dengan ini, Anda akan lebih dipercaya bos atau rekan Anda. Lakukan dengan sebaik-baiknya, untuk menunjukkan bahwa Anda adalah aset yang berharga di dalam tim.

 

(dea/wida)

Penulis : Carisya Nuramadea
Editor: Carisya Nuramadea
Berita Terkait