Waspada, Lensa Kontak Bertema Manga dan Anime Membahayakan Kesehatan

Khairiyah Sartika | 11 Januari 2015 | 19:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - BAGI banyak orang, lensa kontak dianggap efektif meningkatkan daya penglihatan tanpa harus mengenakan kacamata.

Sebagian orang juga menggunakan lensa kontak sebagai penambah nilai estetika guna memperindah penampilan mata.

Belakangan muncul tren lensa kontak manga dan anime yang bisa membuat pupil mata tampak lebih besar, seolah menyerupai karakter kartun dan komik Jepang.

Terutama di Singapura dan Korea, tren ini sudah menjadi hal yang sangat digemari. Bahkan sudah sampai merambah luas di kalangan para remaja di Amerika Serikat.

Seperti dilaporkan Genius Beauty, tren ini diperkirakan akan meluas di berbagai belahan dunia lain pada tahun 2015 ini. Tentunya tak menutup kemungkinan terjadi pula di Indonesia.

Namun sebelum Anda berpikiran untuk mencobanya, ada baiknya memperhatikan resiko kesehatan yang mungkin ditimbulkan. Sebab, lensa kontak seperti ini diketahui beresiko menimbulkan kerusakan pada mata.

Hal ini diungkapkan Karen Riley, perwakilan dari Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat. Riley menjelaskan bahwa ini lensa kontak seperti ini bahkan dapat menyebabkan kebutaan.

Seperti dilansir Seattle Times, lensa kontak dianggap aman ketika diukur dan disesuaikan dengan ukuran mata. Itu pun dilakukan dengan saran, pemeriksaan dan preskripsi dari dokter.

Namun kini, semakin banyak orang yang dapat membeli lensa kontak secara bebas tanpa preskripsi dan tanpa mengetahui pilihan mana yang sebenarnya aman untuk dikenakan.

Jadi, bagi Anda yang mendambakan mata besar ala karakter manga dan anime kesukaan, ada baiknya memikirkan resiko kesehatan yang mungkin ditimbulkan terelbih dahulu.

(tika/gur)

Penulis : Khairiyah Sartika
Editor: Khairiyah Sartika
Berita Terkait