Cara Mudah Mengatasi Breakout pada Wajah

Agestia Jatilarasati | 24 Oktober 2019 | 02:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Jerawat adalah musuh bagi semua orang terutama remaja. Apalagi jika jerawat yang muncul hampir merata pada wajah dan besar yang biasa disebut breakout. 

Mengobati breakout memang gampang-gampang susah. Terkadang, sudah gunakan berbagai cara tetapi jerawat tak kunjung hilang. Mungkin kamu bisa gunakan cara-cara di bawah ini agar breakout-mu berkurang seperti dilansir wikihow:

1. Gunakan pembersih wajah yang lembut. 

Ini adalah langkah pertama agar kulit wajah Anda bersih dan bebas dari kotoran. Pilihlah pembersih wajah yang lembut dan mengandung banyak moisturizer agar wajah Anda juga ternutrisi dengan baik. Gunakan air hangat ketika membasuh wajah karena akan membantu untuk membuka pori-pori lalu gunakan pembersih wajah kemudian bilas dengan air dingin agar pori-pori wajah tertutup kembali. Anda harus mencuci wajah Anda paling tidak 2 kali dalam sehari.

2. Jangan Menggosok Wajah Anda 

Sehabis mencuci wajah biasanya Anda mengeringkannya dengan handuk lalu mengusapnya. Sebaiknya Anda jangan menggosoknya terlalu keras karena itu dapat melukai wajah Anda bahkan menyebabkan iritasi. Untuk lebih amannya, Anda dapat menggunakan tisu yang lembut untuk mengganti handuk.

3. Gunakan Pelembab Non Comedogenic

Pelembab yang baik untuk kulit yang berjerawat adalah pelembab non comedogenic. Pelembab ini sangat bagus untuk kulit berjerawat karena tidak menyumbat pori-pori. 

4. Gunakan krim untuk mengatasi jerawat

Saat ini banyak krim-krim untuk mengatasi jerawat yang dijual di drugstore. Biasanya, krim jerawat ini berbahan benzoil peroksida, asam salisilat dan tea tree oil yang dikenal ampuh untuk mengatasi jerawat. Benzoil peroksida dan tea tree oil dikenal untuk melawan bakteri penyebab jerawat. Asam salisilat dikenal untuk mengecilkan pori-pori dan mengurangi kemerahan pada wajah. 

5. Masker Lemon dan Madu

Lemon dan madu sudah dikenal baik sebagai bahan yang biasa digunakan untuk kecantikan. Lemon dan madu juga sangat baik digunakan untuk mengobati breakout pada wajah. 

Perasan lemon yang diusapkan ke wajah Anda dapat membunuh bakteri penyebab jerawat. Lemon juga dapat digunakan sebagai exfoliant alami dan mengurangi peradangan akibat jerawat pada wajah. 

Madu dikenal sebagai antiseptik dan antibakteri yang baik untuk manusia. Oleskan madu pada jerawat dan diamkan selama tiga puluh menit lalu bilas. Lakukan dua kali seminggu agar hasil lebih maksimal.

 

 

Penulis : Agestia Jatilarasati
Editor : Agestia Jatilarasati