5 Kesalahan yang Sering Dilakukan saat Memakai Moisturizer

TEEN.CO.ID | 20 Februari 2020 | 06:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Moisturizer adalah salah satu produk skincare yang penting dan wajib dipakai setiap hari, tapi tahu enggak sih kalau kita sering melakukan beberapa kesalahan saat memakainya. 

Moisturizer atau pelembap sangatlah penting untuk merawat wajah agar kulit wajah tidak kering dan kusam. Buat yang memiliki kulit berminyak pun harus pakai moisturizer, lo. "Mereka yang memiliki kulit berminyak atau berjerawat takut bahwa pelembab hanya akan membuat kulitnya lebih buruk, jadi mereka menggunakan produk yang kasar dan pembersih untuk mengeringkan kulit mereka," ujar  Dr. Joyce Imahiyerobo-Ip pada SELF. 

Mau kulit kalian kering, kombinasi atau berminyak, pokoknya moisturizer sangat penting untuk digunakan. Tapi, saat menggunakannya, kita sering melakukan beberapa kesalahan, misalnya: 

1. Tidak melakukan test patch saat menggunakan moisturizer baru 

Seperti saat kita melakukan swatch di tangan saat membeli makeup seperti lipstik atau eyeshadow, moisturizer pun harus kita uji kecocokannya dengan kulit. Sebelum memakainya di wajah, coba pakaikan moisturizer baru kalian di area leher dan rasakan bagaimana formulanya di kulit kalian. Perhatikan juga apakah ada reaksi alergi seperti gatal-gatal atau kulit kemerahan. 

2. Pakai moisturizer enggak sesuai tipe kulit 

Pakailah moisturizer yang sesuai dengan tipe kulit kalian apakah berminyak, kering atau kombinasi. Perhatikan kandungan di dalam moisturizer-nya. Misalnya kandungan hyaluronic acid dan ceramides untuk kulit kering. Kalau untuk kulit berminyak tentunya harus pakai moisturizer yang oil-free

3. Memakai moisturizer saat kulit kering 

Memakai mosturizer yang tepat adalah ketika kulit wajah kita lembap, sebab kulit dapat menyerap moisturizer dengan baik dan menyimpannya untuk waktu yang lama.

4. Enggak pakai moisturizer dengan SPF di siang hari 

Sinar matahari bisa berpengaruh buruk buat kulit wajah, jadi kita harus memakai produk moisturizer dengan SPF di dalamnya saat siang hari. Walaupun kalian juga pakai sunscreen, moisturizer kalian juga harus yang mengandung SPF ya. 

5. Mengusapkan moisturizer terlalu kasar 

Memakai moisturizer di wajah yang benar adalah dengan memijatnya lembut di kulit wajah. Hal ini bisa membantu penyerapan produk di kulit. Sedangkan kalau kalian mengusapkannya dengan kasar maka bisa melemahkan fungsi penghalang kulit dan menyebabkan peradangan. 

Nah, kalian biasa melakukan 5 kesalahan di atas enggak saat memakai moisturizer?

Penulis : TEEN.CO.ID
Editor : TEEN.CO.ID