Pakai Berlapis Produk Perawatan Pagi Hari, Seperti Apa Urutannya yang Tepat?

Wida Kriswanti | 19 Desember 2018 | 12:15 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Banyak wanita kini menyadari pentingnya perawatan dibanding sekadar mengandalkan makeup untuk terlihat cantik. Karena itulah, penggunaan produk perawatan bisa sampai berlapis - lapis pada satu waktu setiap harinya. Misalnya saat pagi hari, seseorang bisa menerapkan ke wajahnya mulai dari serum, krim pencerah, penyamar kerutan, dan lain - lain. 

Namun bagaimanakah urutan yang tepat untuk menerapkan seluruh produk perawatan tersebut agar khasiat tiap - tiap produk perawatan tetap optimal?

"Setiap pagi, setelah wajah dibersihkan pakai sabun, kalau ada toner boleh dipakai," buka dokter spesialis kulit dan kelamin Atika Damayanti, usai mengisi acara peluncuran produk kecantikan krim pagi dan malam Creme de la Corine di Jakarta, Selasa (18/12).

Dokter yang praktik di Skin3Clinic kemudian melanjutkan, bahwa produk yang berfungsi untuk menyamarkan kerutan, misalnya krim mata, bisa diaplikasikan pada urutan berikutnya. "Karena daerah bawah mata tipis ya, jadi biar terserap sempurna eyecream (dan produk perawatan sejenisnya) harus dipakai duluan," bilangnya.

Bagi yang menggunakan serum, maka produk tersebut bisa diaplikasikan pada urutan berikutnya. Barulah kemudian pakai krim pagi atau moisturising cream. Jika produk moisturising cream sudah mengandung tabir surya, maka penggunaan tabir surya (murni) tidak harus diaplikasikan sebagai tahap paling akhir. Akan tetapi, jika produk moisturising cream belum mengandung tabir surya -- andaipun ada biasanya sedikit -- maka penggunaan tabir surya menjadi wajib sebagai perlindungan paling optimal. 

"Aplikasikan sunscreen sebanyak satu ruas jari telunjuk secara merata pada seluruh bagian wajah," kata dokter Atika. "Memang harus cukup banyak karena memang untuk memberi perlindungan secara menyeluruh. Mengingat penyebab penuaan dini paling terbesar adalah sinar matahari," pungkasnya. 

(wida / wida) 

Penulis : Wida Kriswanti
Editor : Wida Kriswanti