Beauty 4.0: Gambaran 4 Tren Kecantikan Tahun Ini

Agestia Jatilarasati | 13 Februari 2019 | 14:50 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Industrialisasi telah mengubah berbagai aspek kehidupan manusia termasuk di bidang kecantikan. Jika selama ini konsep revolusi industri 4.0 bergaung kencang di dunia digital, kini industri kecantikan juga memasuki era Beauty 4.0. Hal ini juga menjadi gambaran tentang tren kecantikan di 2019 ini.

Presiden Direktur Miracle Aesthetic Clinic Group, dr. Lanny Juniarti, Dipl.AAAM, menjelaskan bahwa seiring perkembangan zaman, keinginan untuk mempercantik diri juga didorong perkembangan media sosial dan dunia maya. Inilah yang memunculkan fenomena bahwa kecantikan bukan lagi milik diri sendiri alias personal beauty, melainkan sudah bergeser ke social beauty.

"Kecantikan tak hanya melibatkan pandangan dokter ataupun individu tersebut, melainkan juga melibatkan pendapat sosial. Inilah yang disebut dengan social beauty. Dan ini membuat kecantikan 4.0 melibatkan banyak dimensi, seperti psikologi, opini publik, social awareness, sampai psikososial," terang dr. Lanny di acara Aesthetic Outlook 2019: The Turn Around Paradigm of Beauty 4.0 di Jakarta pada Selasa (12/2).

Ada empat tren kecantikan di era beauty 4.0 ini yakni instan, bentuk wajah sempurna, awet muda, transformasi kecantikan. 

"Saat ini masyarakat suka hasil treatment kecantikan instan dan minim efek samping. Kemudian karena pengaruh K-wave yang cukup kuat, bentuk wajah yang sempurna seperti wajah V-shape itu sangat digemari. Dan hal yang menjadi tren selanjutnya adalah perawatan anti aging sangat digemari masyarakat karena awet muda adalah impian banyak orang. Dan yang terakhir, transformasi kecantikan, yakni dengan monojolkan kelebihan yang ada di wajah dan mengurangi kekurangan yang ada di wajah tanpa mengubah jati diri seseorang. Jadi seseorang ingin berubah menjadi cantik namun tidak ingin sampai berubah seperti orang lain," pungkas dr. Lanny

(GES)

Penulis : Agestia Jatilarasati
Editor : Agestia Jatilarasati