4 Cara Mencegah Dampak Buruk Polusi Udara pada Kulit

TEMPO | 28 Mei 2019 | 18:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Polusi udara yang ada di kota-kota besar seperti Jakarta berdampak negatif pada kondisi kesehatan kulit. Beberapa dampak yang ditimbulkan antara lain dehidrasi, alergi, jerawat, peradangan, sampai penuaan dini.

Sebelum efek buruk itu merusak kulit Anda, berikut empat cara yang dapat Anda lakukan untuk menangkal efek buruk polusi udara pada kulit.

Pembersihan

Ada banyak langkah untuk membersihkan kulit, tapi yang paling dianjurkan adalah proses dua langkah. Langkah pertama menggunakan pembersih makeup, lalu dilanjutkan dengan mencuci wajah untuk menghilangkan sisa makeup, kotoran, dan sisa polusi pada kulit.



Antioksidan

Antioksidan dapat menetralisasi kerusakan kulit akibat polusi. Anda bisa memilih antioksidan oles atau oral. Langkah yang paling baik untuk mendapatkan antioksidan adalah mengonsumsi buah-buahan dan sayuran seperti jeruk, delima, berry, wortel, dan teh hijau. Selain itu, anggur merah yang sarat antioksidan berbasis polifenol.

Hidrasi 

Minumlah air putih yang cukup untuk menjaga kulit tetap terhidrasi. Hidrasi kulit juga dapat dilakukan dengan perawatan kulit yang sesuai, misalnya rajin menggunakan pelembap. Aplikasi pelembap dapat membantu menciptakan lapisan perlindungan sehingga partikel kecil tidak mudah menembus kulit.
 

Tabir surya

Sinar ultraviolet atau UV dapat merusak kulit. Cara terbaik melindungi kulit dari bahaya tersebut adalah menggunakan tabir surya. Selain melindungi dari UV, tabir surya dapat menjebak partikel-partikel kabut dan mencegah bahan kimia berbahaya masuk ke kulit.

TEMPO.CO

Penulis : TEMPO
Editor : TEMPO