4 Produk Kecantikan Ini Harus Dihindari Pemilik Kulit Sensitif

aura.co.id | 11 Oktober 2020 | 04:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Jika Anda memiliki kulit yang sensitif, Anda harus berhati-hati dalam menggunakan berbagai produk kecantikan. Ini karena kulit sensitif sangat mudah mengalami gejala iritasi seperti memerah, kering dan gatal.

Untuk menghindari terjadinya masalah kulit yang semakin parah karena sensitif terhadap produk kecantikan, ahli dermatologi menyarankan untuk menghindari beberapa produk yang memiliki kandungan yang memicu tingkat sensitivitas kulit.

Berikut adalah beberapa jenis produk yang harus Anda hindari untuk kulit sensitif, seperti dilansir Womenshealthmag.

1. Scrub wajah
Scrub wajah mengandung physical exfoliants yang terlalu keras untuk kulit sensitif. Meskipun butiran scrub dikategorikan lembut, namun penggunaan scrub wajah hanya akan membuat kulit Anda mengelupas.

"Penggunaan scrub wajah secara berlebihan, dapat menyebabkan jerawat dan kulit terkelupas," kata Annie Chiu, M.D., pendiri The Derm Institute di Redondo Beach, CA.

Sebagai gantinya, Annie Chiu menyarankan untuk mencari echemical exfoliants yang lembut seperti lactic acid dan fruits acids. Keduanya dapat membantu mempercepat perputaran sel tanpa menggosok kulit.

2. Sampo sulfat
Sampo sulfat terbuat dari garam mineral yang mengandung belerang, dan merupakan bahan deterjen yang menimbulkan busa. Jenis yang paling umum digunakan adalah sodium lauryl sulfate (SLS) dan sodium laureth sulfate (SLES).

Sulfat dapat menyebabkan kekeringan, gatal kronis di bagian kulit kepala sampai ke wajah dan tubuh. Annie Chiu merekomendasikan jenis kulit sensitif untuk menggunakan sampo dan kondisioner berlabel "bebas sulfat".

3. Bodi losion wangi
"Bila kata 'wangi' muncul sebagai bahan pada label, produk ini berarti menyembunyikan banyak bahan yang dapat menyebabkan iritasi. Karena perusahaan tidak berkewajiban untuk mengungkapkan kandungan wewangiannya," jelas Annie Chiu.

Kulit sensitif akan lebih rentan bereaksi terhadap berbagai jenis bahan yang terkandung dalam bodi losion berpewangi. Memilih produk berlabel "bebas pewangi" sangat dianjurkan bagi orang yang memiliki kulit sensitif.

4. Toner kulit dengan alkohol
Menggunakan pembersih wajah yang mengandung alkohol dapat menyebabkan rasa gatal, iritasi, dan ketidaknyamanan yang mengganggu pada wajah Anda.

Beberapa jenis alkohol yang berbahaya adalah seperti alkohol SD, alkohol denaturasi, dan alkohol isopropil. Namun beberapa alkohol yang 'aman' jika digunakan oleh kulit sensitif termasuk cetearyl alcohol dan stearyl alcohol.

Penulis : aura.co.id
Editor : aura.co.id