Pasien Nyeri Pinggang 90 Persen Berhasil Disembuhkan dengan Endoskopi

Romauli Gultom | 11 November 2018 | 15:43 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Nyeri pada sendi tulang belakang seperti nyeri pinggang memang cukup mengganggu aktivitas sehari-hari. Seiring bertambahnya usia atau faktor lain seperti lingkungan, nutrisi, dan genetik, menjadi pemicu bantalan sendi mengalami kerusakan atau degenerasi.

Nyeri yang muncul akibat degenerasi bantalan sendi tulang belakang dapat memengaruhi struktur tulang belakang seperti otot dan saraf tulang belakang. Kondisi inilah yang kerap disebut saraf terjepit.

Pada kondisi seperti ini, nyeri tajam yang terus-menerus di punggung dan leher mungkin terjadi. Gejala yang muncul tergantung letak bantalan sendi yang mengalami herniasi. Saat bantalan sendi tulang lumbal yang mengalami herniasi, gejala yang mungkin muncul berupa nyeri di daerah pinggang, pantat, atau paha bagian atas hingga telapak kaki.

Untuk mengetahui kondisi bantalan sendi dan saraf sekitarnya, selain pemeriksaan fisik dan mengetahui riwayat kesehatan pasien, dokter juga akan meminta pasien melakukan pemeriksaan radiologi seperti MRI.

Ada beberapa terapi yang dapat diberikan, diantaranya terapi fisik, obat-obatan dan tindakan minimally invasive spine surgery (endoscopy discectomy).

Tindakan endoskopi disektomi atau minimally invasive spine surgery bisa menjadi pilihan untuk mengatasi masalah herniasi bantalan sendi yang menyebabkan nyeri pada punggung bawah, punggung tengah, hingga leher dan lengan.

“Teknik ini proses penyembuhannya cepat, sayatan minimal hanya 7 mm sehingga secara estetika lebih baik dan risiko infeksi paska tindakan lebih minimal,” ujar spesialis bedah syaraf, dr. Mahdian Nur Nasution, SpBS di RSU Bunda Jakarta, belum lama ini.

Ia menambahkan, dengan endoskopi ini pasien akan merasa nyaman karena hanya menggunakan anastesi lokal dan tidak membutuhkan rawat inap. Bahkan, angka keberhasilannya tinggi hingga mencapai 90 persen. 

Penulis : Romauli Gultom
Editor : Romauli Gultom