Gerakan Olahraga HIIT Untuk Pemula (1)

Agestia Jatilarasati | 25 Januari 2019 | 23:59 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Latihan kardiovaskular adalah jenis olahraga yang paling murah dan mudah dipraktikkan. Latihan kardiovaskular berintensitas rendah membutuhkan waktu sekitar 45 menit.

Bagi Anda yang tak punya waktu banyak untuk olahraga, ada latihan dengan intensitas tinggi atau yang lebih dikenal dengan high intensity interval training (HIIT), yakni kombinasi latihan intensitas tinggi dengan sedang dan rendah berdurasi 5-25 menit.

- Butt kicks

Pelatih dari pusat kebugaran The Fhitting Room, New York, AS, Melody Scharff, menyarankan sebelum menjalani HIIT, lakukan pemanasan lebih dulu seperti lari kecil selama 3 menit, istirahat 2 menit, lalu masuk ke gerakan HIIT yang pertama yakni butt kicks. Cara melakukannya, berdiri dengan kaki dibuka selebar bahu. Kemudian melompat dengan kaki kiri diangkat ke belakang hingga mendekati bokong. Ulangi dengan kaki sebaliknya. Lakukan selama 45 detik dengan kecepatan yang konstan. 

- Squat jump

Setelah butt kicks, istirahatlah selama 10 detik. Setelah itu, ambil posisi berdiri dengan kaki dibuka selebar bahu, melompat, kemudian jongkok. Lakukan gerakan ini selama 45 detik lalu istirahat selama 10 detik. “Pastikan setelah melompat, telapak kaki bagian depan adalah yang pertama mendarat. Bukan tumit. Tujuannya, untuk meminimalkan cedera,” Melody mengingatkan.

bersambung

(ages / gur)

Penulis : Agestia Jatilarasati
Editor : Agestia Jatilarasati