5 Tips Memilih Produk Perawatan Bayu Buat Si Kecil

Wayan Diananto | 5 Februari 2019 | 07:45 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Bu, mengawal asupan gizi si kecil pada seribu hari pertama kehidupannya sangat penting. Spesialis anak dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo Jakarta, dr. Bernie Endyarni, Sp.A(K), MPH, menjelaskan seribu hari pertama itu dimulai dari 270 hari di dalam kandungan dan 730 hari setelah lahir. Tujuh ratus tiga puluh hari ini dibagi dalam fase 0 sampai 12 bulan serta 13 hingga 24 bulan. Inilah masa terpenting bagi perkembangan otak, pertumbuhan, dan perkembangan buah hati.

"Karenanya, seribu hari pertama kehidupan si kecil sering disebut momen emas. Tak hanya mengawal asupan gizi si kecil, Anda juga patut memperhatikan kesehatan fisik termasuk kulit bayi. Mengingat, kulit bayi lebih tipis dan sensitif jika dibandingkan kulit dewasa. Pada momen emas ini, ibu mesti berperan aktif menjaga kebersihan kulit termasuk memilih produk yang ramah kulit bayi," terang Bernie kepada tabloidbintang.com di Jakarta, belum lama ini.

Hal ini terungkap dalam gelar wicara "Perawatan Esensial di Momen Emas Kehidupan Sang Buah Hati" serta peluncuran wajah baru Pigeon Baby Toiletries. Dalam kesempatan itu, General Manager Marketing Pigeon Indonesia, Anis Dwinastiti, menjelaskan, "Pigeon Baby Toiletries yang ramah dengan kulit bayi cocok untuk menjaga kebersihan kulit buah hati Anda."

Memilih produk perawatan kulit si kecil gampang-gampang susah. Bernie, Anis, dan psikolog Dr. Rose Mini A.Prianto, M.Psi, membagikan 5 hal yang patut dipertimbangkan sebelum membeli produk perawatan untuk kulit bayi. Apa saja?

1. Pastikan produk yang Anda beli terdaftar di BPOM. Ini artinya, produk tersebut lolos dan kualitasnya bisa dipertanggungjawabkan.

2. Carilah merek terpercaya dan memiliki reputasi bagus.

3. Cek kualitas barangnya apakah dapat menimbulkan reaksi alergi pada kulit bayi Anda.

4. Perhatikan kandungan bahannya apa saja dan tanggal kedaluarsa. "Saya kalau melihat ibu-ibu belanja di pasar swalayan, cenderung asal ambil produk yang mereka kenal lalu memasukkannya di keranjang belanja. Mereka tidak mengecek bahan baku produk dan tanggal kedaluarsa," Rose Mini mengingatkan.

5. Jangan membeli produk perawatan bayi karena ikut-ikutan teman. Merek yang cocok untuk anak orang belum tentu cocok untuk buah hati Anda.

Penulis : Wayan Diananto
Editor : Wayan Diananto