Ini Efek yang Dirasakan Bayi Jika Ibu Hamil Sering Mengonsumsi Makanan Kalengan

Rizki Adis Abeba | 14 Februari 2019 | 22:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Apa yang dikonsumsi ibu selama hamil akan berpengaruh pada bayi di dalam kandungannya. Hal ini kembali dibuktiken lewat penelitian terbaru yang dilakukan di Fakultas Kedokteran Universitas Boston, AS. Studi ini menyimpulkan bahaya makanan dalam kemasan kalengan yang dikonsumsi ibu hamil dapat berdampak pada kesehatan reproduksi sang anak kelak.

Selain kemasan makanan dari plastik makanan yang dikemas dalam kaleng berpotensi mengandung senyawa kimia bisphenol A (BPA) yang biasa digunakan dalam banyak proses industrial seperti di lapisan kaleng makanan. Masalahnya, paparan BPA yang terjadi sejak bayi di dalam kandungan ternyata tetap menimbulkan ancaman nyata bagi kesehatan ovarium anak perempuan.

“Kami menemkan ada banyak bukti efek dari paparan ini pada periode prenatal yang merupakan fase perkembangan yang sangat rentan pada bayi,” jelas Shruthi Mahalingaiah, asisten profesor Universitas Boston yang terlibat dalam penelitian ini. “Apakah ada hubungan kausatif dengan gangguan ovulasi, masih harus diteliti lebih lanjut,” sambung Shruthi Mahalingaiah.

Namun sudah dipastikan bahwa BPA dapat mengganggu sistem endokrin pada janin, anak-anak, juga orang dewasa, serta menyebabkan efek kesehatan jangka panjang termasuk pada kesehatan reproduksi. Menurut para peneliti, pengembangan dan fungsi ovarium mewakili koorinasi proses yang kompleks, dimulai sejak awal selama perkembangan prenatal. Penyimpangan awal memiliki potensi untuk dibawa sepanjang usia reproduksi wanita.

Para peneliti berharap penelitian mereka meningkatkan kesadaran akan efek jangka panjang yang mungkin terjadi akibat paparan prenatal yang berbahaya dan bahwa studi tambahan yang melihat efek jangka panjang dari bahan kimia pengganggu endokrin dalam beragam populasi akan dilakukan.

(riz / wida)

Penulis : Rizki Adis Abeba
Editor : Rizki Adis Abeba