Makanan dan Minuman yang Diklaim Mengandung Buah Belum Tentu Baik untuk Anak

Rizki Adis Abeba | 5 April 2019 | 19:50 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Banyak orang tua tertarik membelikan produk makanan atau minuman anak karena produk tersebut diklaim mengandung buah yang menyehatkan anak. Sebelum memutuskan membeli sesuatu karena pertimbangan ini, Anda perlu mempertimbangkan apakah kandungan buah dalam makanan dan minuman tersebut hanya sebagai pemikat atau benar-benar memberikan manfaat buah untuk anak?

Perlu diketahui, banyak produk makanan dan minuman untuk anak yang mengklaim produk mereka sebagai makanan sehat ternyata tidak benar-benar menyehatkan. Hal ini diungkapkan dalam penelitian yang dilakukan di Universitas Glasgow, Skotlandia.

Masalah yang sering tidak disadari orang tua adalah, banyak makanan dan minuman yang mengklaim produk mereka sebagai produk bebas gula tambahan. Namun mengandung konsentrat buah atau puree buah sebagai bahan tambahan untuk memberikan rasa manis.

“Beberapa orang akan melihat buah yang telah diproses sebagai alternatif makanan camilan yang sehat, namun sebenarnya gula di dalam buah yang telah diproses sudah mengalami kerusakan sehingga lebih cepat diserap tubuh. Ini berarti anak-anak akan lebih cepat merasa lapar. Belum lagi, camilan ‘bebas gula’ ini juga tetap berkontribusi pada kerusakan gigi anak,” urai dr. Ada Garcia, dokter anak dari Universitas Glasgow yang terlibat dalam penelitian tersebut.

Ada Garcia menegaskan, “Pada saat ini beberapa perusahaan menggunakan pesan kesehatan untuk membuat produk mereka lebih menarik bagi orang, namun (produk) mereka tidak selalu sesuai dengan klaim tersebut,” kata Ada Garcia.

“Penting bagi orang tua untuk tidak serta merta percaya pada klaim yang dibuat produsen, namun perhatikan dengan seksama kandungan bahan makanan yang tertera di kemasan dan nilailah kualitas keseluruhan makanan,” lanjut Ada Garcia.

Agar anak mendapatkan manfaat makasimal dari buah dan sayuran, sebaiknya orang tua memberikannya dalam bentuk segar seperti jus buah buatan rumah atau buah potong dan salad. Boleh saja memberikan camilan rasa buah sebagai selingan, namun jangan mengandalkan camilan rasa buah sebagai sumber vitamin dan mineral alami untuk anak.

(riz/bin)

Penulis : Rizki Adis Abeba
Editor : Rizki Adis Abeba