Perut Mulas Usai Minum Kopi? Ini Penyebabnya

TEMPO | 28 Mei 2019 | 22:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Kopi adalah minuman yang banyak dinikmati orang di pagi hari. Selain nikmat, minuman ini juga bisa membuat Anda penuh energi sepanjang hari. Tapi selain itu, kopi juga dapat menimbulkan efek lain, yaitu membuat perut mulas dan ingin buang air besar.


Selama ini banyak orang yang mengira bahwa keinginan buang air besar disebabkan oleh kandungan kafein dalam minuman tersebut. Tapi, sebuah studi yang dipresentasikan pada Digestive Disease Week pada 18-21 Mei 2019 menyatakan bahwa hal tersebut tidak berkaitan dengan kandungan kafein. Para peneliti menyimpulkan penyebabnya adalah perubahan bakteri yang berdampak pada pergerakan usus.



"Kopi memiliki efek merangsang motilitas (kemampuan organisme bergerak sendiri) usus, dan itu tidak berhubungan dengan kafein sama sekali. Kita bisa melihat efek yang sama ditimbulkan kopi tanpa kafein," kata salah satu penulis studi Xuan-Zheng Shi, seorang associate professor di Fakultas Kedokteran di University of Texas Medical Branch di Galveston, kepada Gizmodo.

Studi ini dilakukan pada sekelompok tikus selama tiga hari berturut-turut. Para peneliti memberikan kopi berkafein dan tidak kepada tikus, lalu meneliti mereka. Hasilnya, baik tikus yang minum kopi berkafein atau yang tidak berkafein tetap menunjukkan kontraksi.

Terlalu awal untuk mengatakan bahwa kopi dapat mempengaruhi ekosistem mikroba di usus kita, yang dikenal sebagai mikrobioma usus. Tapi, Shi mengatakan hal menariknya adalah kemungkinan kopi bisa menjadi agen antibakteri. "Tapi kita perlu belajar lebih banyak mengapa kopi bisa memiliki efek menekan pada microbioma." 

Mikrobioma usus adalah lingkungan yang sulit. Di sisi lain, penelitian lain menunjukkan bahwa kopi dapat secara positif mempengaruhi kesehatan usus besar secara keseluruhan dan menurunkan risiko kanker usus besar.

TEMPO.CO

Penulis : TEMPO
Editor : TEMPO