Anda Sembelit? Hindari Konsumsi 4 Makanan ini

TEMPO | 30 Mei 2019 | 04:30 WIB

Sembelit atau atau konstipasi memang terasa sangat menyebalkan. Ini merupakan salah satu masalah pencernaan yang paling umum terjadi di masyarakat.
 

TABLOIDBINTANG.COM - Apabila sedang mengalami gangguan ini, Anda dianjurkan untuk menghindari jenis makanan tertentu. Melansir dari Web MD dan Health Line, berikut adalah empat makanan yang dapat memperparah sembelit.


1. Makanan yang digoreng

Entah itu ayam goreng, udang goreng, tahu goreng dan segala bentuk makanan yang melalui proses penggorengan dengan minyak, harus Anda hindari. Sebab, makanan ini mengandung lemak yang tinggi dan rendah akan nilai gizi yang dapat menyebabkan dehidrasi pada tubuh dan memperlambat gerakan usus. Akibatnya, konstipasi Anda pun bertambah parah.

2. Hidangan penutup

Kue mangkok, donat, dan cookies mungkin terasa lezat. Tetapi, hidangan penutup seperti itu sangat rendah serat dan kaya akan lemak. Sehingga, ia justru akan memperparah sembelit Anda. Oleh karena itu, sebaiknya jauhkan hidangan penutup saat usus Anda tidak bergerak ke arah yang benar.



3. Pisang mentah

Pisang masak memang dapat membantu buang air besar dan mengurangi sembelit. Sayangnya, yang mentah justru bereaksi sebaliknya. Pisang mentah memiliki terlalu banyak pati di dalamnya, yang membuat tubuh sulit mencerna. Selain itu, jumlah serat pektin yang tinggi juga dipercaya dapat memperburuk konstipasi.



4. Telur

Telur memang terkenal kaya akan protein. Meski demikian, ia juga memiliki serat yang rendah. Oleh karena itu, tak disarankan untuk mengonsumsi telur saat sedang sembelit. Tetapi, apabila Anda tetap ingin mengonsumsinya, cara lain yang dapat dilakukan adalah dengan menambah atau mencampurnya dengan sesuatu yang bernilai serat tinggi. Contohnya bayam dan tomat segar yang digabung dengan telur sehingga menjadi omelet.

TEMPO.CO

Penulis : TEMPO
Editor : TEMPO