Konstipasi Ganggu Aktivitas? Atasi dengan 8 Bahan Makanan Alami Ini (bag.2)

Rizki Adis Abeba | 5 Juli 2019 | 10:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Gaya hidup tidak sehat serta kebiasaan makan yang buruk membuat semakin banyak orang menderita kontipasi atau buang air besar yang tidak teratur. Ada banyak alasan yang bisa menyebabkan seseorang mengalami konstipasi, termasuk stres dan masalah pencernaan. Namun kebiasaan makan yang tidak sehat

Konstipasi yang dibiarkan bisa sangat mengaggu aktivitas harian Anda juga bisa berdampak lebih buruk pada kesehatan pencernaan. Kabar baiknya, Anda bisa menghindari atau mengatasi masalah konstipasi dengan mengonsumsi bahan-bahan makanan alami.

Pastikan Anda segera berkonsultasi dengan dokter jika konstipasi sudah dirasa parah. Jika tidak, delapan bahan makanan alami ini diyakini mampu membantu Anda mengatasi konstipasi dan melancarkan buang air besar. Apa saja?

4. Havermut

Menjadi salah satu menu sarapan sehat yang populer selain telur, havermut juga merupakan makanan yang sangat baik dikonsumsi untuk membantu mengatasi konstipasi. Selain mengandung serat yang memperlancar pencernaan, havermut juga mampu menyeimbangkan kadar kolesterol sehingga baik juga dikonsumsi oleh penderita penyakit jantung.

5. Biji Rami Tanah

Biji rami tanah merupakan sumber serat yang luar biasa. Ada sekitar tiga gram serat larut dalam satu sendok makan biji rami tanah. Anda dapat menambahkan biji rami bubuk ke banyak makanan dan smoothie untuk menuai manfaat kesehatannya tanpa mengubah rasa makanan dan minuman Anda.

6. Kacang Hitam

Satu cangkir kacang hitam memberi tubuh Anda lebih dari 15 gram serat larut, yang memainkan peran penting dalam pergerakan usus. Selain itu, kacang hitam diperkaya dengan protein yang mudah dicerna oleh usus.

7. Brokoli

Ketika Anda tidak makan cukup sayuran, Anda cenderung lebih sering mengalami konstipasi. Namun perlu diingat bahwa tidak semua sayuran membantu pencernaan. Sedangkan brokoli mengandung sekitar 10 persen dari asupan serat harian yang direkomendasikan dalam satu cangkir untuk memastikan pencernaan yang sehat.

8. Badam

Badam atau dikenal dengan nama kacang almon kaya akan lemak sehat dan penuh dengan nutrisi penting lainnya, termasuk serat larut. Meskipun demikian, mengonsumsi kacang almon pun tidak boleh sembarangan. Anda hanya disarankan untuk mengonsumsi tidak lebih dari segenggam kacang almon tanpa tambahan gula arau garam per hari.

(riz/ari)

Penulis : Rizki Adis Abeba
Editor : Rizki Adis Abeba