Menjadi Momok Bagi Wanita, Ini Penyebab Keguguran Kandungan

Christiya Dika Handayani | 8 Oktober 2019 | 02:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Keguguran menjadi momok bagi kebanyakan wanita yang sudah menikah. Tidak hanya masalah kesabaran, namun juga pertaruhan kesehatan. Karena banyak keguguran terjadi tidak hanya sekali, melainkan dua kali atau bahkan lebih pada satu orang. 

Sebenarnya apa yang membuat keguguran bisa terjadi dan bahkan sering dialami sebagian wanita? Dr. dr. Taufik Jamaan, Sp. OG, dokter spesialis Kebidanan dan Kandungan, mengungkap beberapa faktor penyebab keguguran.

1. Kesiapan rahim

Faktor pertama yang biasanya terjadi keguguran adalah kesiapan rahim. "Banyak sekarang kasusnya adalah masalah kesiapan rahim. Rahim yang belum siap, endometrium-nya atau dinding rahimnya tidak baik untuk terjadi implantasi atau janin untuk menempel. Jadi dokter harus siapkan dinding rahim yang benar - benar bagus sebelum terjadinya kehamilan, agar tidak lagi terjadi keguguran," ujar dokter Taufik. 

2. Faktor genetik 

Untuk menangani faktor genetik ini, dokter harus menyiapkan sel yang baik untuk mendapatkan konsepsi yang baik pula. "Jadi artinya, dokter harus siapkan sel telur si ibu yang baik dan sel sperma yang sama baik  untuk bisa mendapatkan konsepsi yang baik," terang dokter Taufik. 

3. Faktor lingkungan

Banyak wanita yang saat hamil tetap melakukan banyak aktivitas hingga menyebabkan kontraksi sebelum waktunya. Inilah sebabnya ada anjuran untuk beristirahat pada wanita hamil, terlebih bagi mereka yang memang punya sejarah keguguran. "Bisa sampai harus bed rest atau istirahat total, karena jika dibiarkan terus beraktivitas, kontraksi bisa terjadi lagi dan akhirnya keguguran," jelas dokter Taufik. 

4. Faktor kelainan 

Faktor yang terakhir yang juga dapat menjadi penyebab keguguran adalah faktor kelainan darah. "Nah, faktor keempat adalah faktor kelainan darah. Ada masalah darah kental, gizinya kurang, sehingga suplai makanan ke bayinya kurang," pungkas dokter Taufik. 

 

 

Penulis : Christiya Dika Handayani
Editor : Christiya Dika Handayani