Antisipasi COVID-19, Penting Tingkatkan Standar Prosedur Sanitasi 

Romauli Gultom | 18 Maret 2020 | 13:08 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Belanja online kini menjadi salah satu pilihan masyarakat untuk mempermudah membeli kebutuhan di rumah. Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di tengah wabah virus korona, online superstore Blibli menerapkan prosedur keamanan dan kebersihan.

"Kami melakukan pembersihan area menyeluruh dengan melakukan penyemprotan disinfektan pada area yang sering terjadi kontak, termasuk handling pintu, fingerprint, meja kantor, dan lainnya, ujar Lisa Widodo, Executive Vice President (EVP) of Operations Blibli.

Sejalan dengan arahan dan instruksi pemerintah, lanjutnya, kami juga menerapkan konsep social distancing, termasuk di warehouse pengiriman barang. 

"Kami menghimbau untuk melakukan less contact atau no contact mulai dari gudang hingga ke pengantaran barang," jelasnya. 

Contactless shipping atau pengiriman tanpa kontak dilakukan untuk mengurangi kontak antara kurir dan konsumen. Tanda tangan di electronic dan gadget handphone yang sebelumnya menjadi prasyarat serah terima produk dari kurir ke pelanggan, untuk sementara tidak dilakukan. Hal ini diganti dengan pengambilan foto saat menerima barang.

"Kurir juga dibekali dengan masker dan sarung tangan. Hal ini untuk menjamin kebersihan dan keamanan produk saat tiba di rumah pelanggan," ujarnya.

Sesuai dengan arahan dari pemerintah Indonesia untuk melakukan social distancing dan menghindari tempat keramaian guna menghindari penyebaran COVID-19 di antara karyawan, maka manajemen juga melakukan berbagai inisiatif untuk menjaga keselamatan, kebersihan, dan kenyamanan karyawannya. 

Caranya secara berkala melakukan pengecekan suhu tubuh kepada seluruh karyawan sebelum memulai aktivitas di kantor. Selain itu, kami juga telah mengambil keputusan untuk memberlakukan kerja #dirumahaja (Work from Home) selama 14 hari bagi seluruh karyawan. 

"Karena itu, penting seluruh pelanggan untuk selalu menjaga kondisi dan kesehatan badan, melakukan praktik social distancing seperti yang telah dianjurkan oleh Pemerintah Indonesia, dan tetap bijak dalam berbelanja dengan #beliseperlunya," tutupnya. 

Penulis : Romauli Gultom
Editor : Romauli Gultom