Melatih Otot Lengan dengan Handuk sebagai Pengganti Dumbel (Bagian 1)

Yuriantin | 3 April 2020 | 16:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Barbel dan dumbel jadi alat bantu untuk melatih kekuatan otot lengan. Alat bantu lain yang tak kalah populer adalah alat berbentuk karet. Tak perlu khawatir jika Anda tak memiliki ketiga alat tersebut bisa diganti dengan sehelai handuk.

Push and Pull Chest Press

Awali dengan kedua tangan memegang handuk di depan dada. Posisi kedua siku membentuk sudut 90 derajat pada sisi tubuh. Secara perlahan, dorong lengan kiri ke depan dan tarik tangan kanan ke belakang secara bersamaan. Tahan selama 2 detik dan dorong lengan kanan ke depan serta lengan kiri ke belakang. Ulangi secara bergantian hingga 30 kali.

Triceps Toner

Perkuat otot trisep dengan gerakan satu ini. Siapkan sebuah handuk dan pegang dengan tangan kanan di belakang kepala. Biarkan handuk menggantung dan pegang ujung bawah handuk dengan tangan kiri. Tarik handuk dengan tangan kanan dan tahan dengan tangan kiri. Tarik hingga lengan bawah kanan Anda terangkat dan tahan hingga lengan bawah kiri terangkat juga. Lakukan secara bergantian antara lengan kanan dan kiri. Ulangi hingga 30 kali.  

Biceps Curl 

Menyasar otot bisep, gerakan ini mudah dilakukan. Cukup angkat lutut kiri hingga sejajar dengan lantai. Kemudian, lilitkan handuk tepat di bawah lutut kiri. Kedua tangan memegang kedua ujung handuk. Secara bersamaan, dorong lutut kiri ke bawah dan dorong kedua lengan bawah ke arah dada. Pastikan kedua siku tetap berada di sisi tubuh. Tahan selama 2 detik dan kembali ke posisi semula. Ganti kaki dan ulangi hingga 10 kali pada masing-masing kaki.

(yuri)

Penulis : Yuriantin
Editor : Yuriantin