Dokter dan Perawat Rentan Terpapar Corona Covid-19, Harus Dipasok APD

Adi Adrian | 15 April 2020 | 13:05 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Meluasnya wabah Corona Covid-19 di Indonesia mengundang keprihatinan banyak pihak. Apalagi jumlah kasus infeksi Corona telah tembus 5.500 dengan angka kematian mencapai 400 orang. Selain itu, kesehatan para pekerja medis menjadi sorotan.

Di garda depan, mereka rawan terpapar Corona. Karenanya dibutuhkan alat pelindung diri (APD) yang memadai. AyoBergerak.id, gerakan sosial yang diinisiasi relawan berlatar belakang profesi beragam  menghimpun donasi senilai 857 juta rupiah dari 2.865 donatur, per 14 April 2020.

Artinya, dalam dua pekan sejak AyoBergerak.id diluncurkan, 75 persen dari target donasi 1 miliar rupiah telah dihimpun. Ketua AyoBergerak.id, Caesar Rohedi, menyebut dana akan dipakai untuk membeli APD bagi tim medis yang menangani Covid-19.

“Sejumlah dokter dan pekerja medis meninggal akibat Corona. Sebagai gerakan sosial kemanusiaan untuk memerangi Covid-19, kami bermaksud melindungi para petugas medis, yang selama ini ada di garda depan,” terangnya dalam siaran pers yang kami terima pekan ini.

Ada tiga fokus utama yang diusung AyoBergerak.id yang membedakannya dengan organisasi sosial lain.

Pertama, mendata langsung kebutuhan APD rumah sakit dan puskesmas di seluruh Indonesia, dengan membangun tim verifikasi yang diperkuat dokter serta IT.

Kedua, mengumpulkan dana dari masyarakat, termasuk melibatkan relawan-relawan digital.

Ketiga, melakukan sourcing, purchasing, dan distribusi APD ke berbagai rumah sakit serta puskesmas yang telah terdaftar. Caesar kemudian membeberkan rencana ke depan.

“Kami akan galang dana yang lebih besar buat menanggulangi wabah Covid-19. Permintaan donasi APD yang masuk ke data-base AyoBergerak.id dari 1.300 rumah sakit dan puskesmas di 33 provinsi sangat besar. Kami butuh sekitar 5 miliar rupiah terutama dalam bentuk masker bedah, N-95, dan APD,” imbuhnya.

Sejumlah artis dikabarkan memperkuat gerakan ini di antaranya Raffi Ahmad dan Nagita Slavina.

Penulis : Adi Adrian
Editor : Adi Adrian