Cara Mengatasi Bau Mulut Secara Optimal saat Berpuasa

aura.co.id | 24 April 2020 | 03:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Umat Islam di seluruh dunia siap menjalani puasa dan ibadah lainnya di bulan suci Ramadhan. Di balik berkah ibadah puasa, banyak orang masih mengalami kondisi bau mulut yang akhirnya menimbulkan ketidaknyamanan.

Bau mulut menjadi salah satu dari dua tantangan utama yang biasa dihadapi masyarakat saat hendak berpuasa secara khusyuk sekaligus tetap ingin menjaga produktifitas. Pasalnya, bau mulut tak hanya memberikan ketidaknyamanan bagi diri sendiri namun juga bagi orang lain, terutama saat melakukan interaksi.

Seperti disampaikan ahli nutrisi, dr. Rizal Al Idrus, CSN, beberapa waktu lalu, bau mulut dapat disebabkan oleh kondisi gigi dan mulut. Seperti adanya karang gigi, kondisi gigi berlubang, tidak terjaganya kebersihan mulut serta kondisi mulut kering. Bau mulut dapat pula disebabkan oleh kondisi di bawah mulut yakni gas pada lambung dan pengonsumsian jenis makanan yang salah.

Untuk mengatasi hal ini dapat dilakukan dengan berbagai cara seperti menjaga kebersihan gigi secara optimal dan memeriksakan gigi ke dokter secara berkala.

"Makan lebih banyak sayuran dan hindari makanan yang megandung gas serta lemak berlebih," terang dr. Rizal.

Untuk memaksimalkan hasil dan mereda bau mulut secara lebih maksimal, dapat juga menggunakan mouthwash atau obat kumur. Pasalnya pada saat sikat gigi, masih ada kemungkinan sisa makanan masih tertinggal di dalam mulut sehingga memerlukan mouthwash untuk membersihkan mulut secara lebih optimal.

(tika)

Penulis : aura.co.id
Editor : aura.co.id