3 Tips Hindari Kerepotan Saat Di Rumah Aja Selama Wabah Corona

Adi Adrian | 24 April 2020 | 12:36 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Merespons meluasnya wabah Corona Covcid-19 di Tanah Air, pemerintah menerapkan social distancing, physical distancing, gerakan di rumah saja, dan pembatasan sosial berskala besar di sejumlah daerah.

Beraktivitas dari rumah gampang-gampang susah. Tak hanya menggarap pekerjaan kantor dan rumah tangga, orang tua mesti merangkap jadi guru bagi anak-anak yang menjalani school from home (SFH). Pendiri Parentalk.id yang juga membuat kanal podcast #CurhatBabu, Nucha Bachri, berbagi cerita soal di rumah saja.

“Anak saya berusia 2 dan 4 tahun, tugas sekolah masih relatif mudah. Jadi urusan work from home dan SFB masih managable,” ujar Nucha. Meski ada pengasuh, anak-anak Nucha tetap ingin bersama orang tua. Usia balita, mereka butuh perhatian lebih.

“Tantangannya justru di WFH, di mana focus span saya hanya 2-3 jam. Saat anak-anak tidur siang, baru saya kerja,” akunya.

Itu sebabnya, Nucha menjaga mood anggota keluarga agar suasana rumah terkontrol. Salah satunya, menjaga pakaian besih, wangi, dan rapi. Terlebih, kulit si bungsu sensitif.

“Jadi setelah berkegiatan dan berkeringat, langsung ganti baju. Selama wabah kami lebih ekstra bersih, agar jauh dari virus dan bakteri,” Nucha menukas.

Sependapat dengan Nucha, psikolog Irma Gustiana A, S.Psi, M.Psi., mengutip konten Journal of Personality and Social Psychology, bahwa aroma tertentu menurunkan tingkat stres. “Memakai pakaian wangi membantu anggota keluarga lebih relaks,” urai Irma.

Irma lantas membagikan tiga tips agar nyaman di rumah saja. Pertama, buat jadwal kegiatan sehari-hari, tinjau ulang tiap satu minggu sekali. Kedua, komunikasikan dengan pasangan terkait jadwal, pembagian tugas, serta tanggung jawab bersama. Ketiga, libatkan anak-anak dalam kegiatan domestik di rumah dan hindari menuntut dan berharap terlalu berlebihan pada anak maupun pasangan.

“Karena realitas yang tidak terpenuhi, bisa jadi masalah baru bagi ibu,” papar Irma dalam siaran pers yang kami terima, pekan ini.

Merespons kebutuhan selama di rumah saja, SoKlin Softergent kini dilengkapi teknologi Aroma Sensory yang memberi keharuman hingga 21 hari. Formula Fresh Protection plus Antibacterial Agent-nya membuat pakaian bebas kuman dan bakteri, selalu segar serta tidak bau apek.

“Kandungan butiran pelembutnya dua kali lebih banyak sehingga dua kali lebih wangi. Ini meningkatkan rasa percaya diri dan kenyamanan dalam beraktivitas meski di rumah saja,” ulas Marketing Manager Fabric Care Wings Corp., Joanna Elizabeth Samuel.

Penulis : Adi Adrian
Editor : Adi Adrian