Bantuan Water Heater Buat Tim Medis Pejuang Covid-19, Agar Lebih Sehat

Adi Adrian | 1 Juni 2020 | 01:10 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Jumlah kasus infeksi Corona Covid-19 di Tanah Air tembus 27 ribu. DKI Jakarta masih jadi titik episentrum pandemi dengan kasus Covid-19 tertinggi. Di provinsi ini, setidaknya ada 11 rumah sakit rujukan Covid-19 dengan lebih dari 3.000 pekerja medis yang tiap hari berada di zona merah demi merawat pasien.

“Sebelum dan setelah menangani pasien, mereka harus melalui sterilisasi dengan dekontaminasi untuk mencegah penyebaran virus. Keterbatasan alat pemanas air di ruang perawatan Covid-19 memaksa mereka pakai air dingin untuk mandi lebih dari 3 kali sehari di jam yang tidak menentu,” terang Wakil Kepala Bidang Pembinaan RSAL Mintoharjo Kolonel Laut (K) drg. Dwi Afrosiansi, Sp. Perio di Jakarta, pekan ini.

Merespons fakta dan data ini, pada 26 Mei 2020, Ariston Thermo Indonesia menyumbangkan 150 unit water heater yang disesuaikan kebutuhan 6 rumah sakit rujukan Covid-19 di Jakarta.

Bantuan mengalir ke RSAL Mintoharjo, RS Persahabatan, RS Fatmawati, RS Bhayangkari, RS Sulianti Saroso, dan RS Gatot Subroto. Dwi menyambut baik bantuan ini. Menurutnya, pemanas air melengkapi fasilitas medis berstandar WHO di RSAL Dr. Mintohardjo. Pekerja medis yang berinteraksi langsung dengan ODP dan PDP harus melakukan dekontaminasi diri sebelum meninggalkan ruang perawatan Covid-19.

Senada dengan Dwi, Direktur RSUP Fatmawati, dr. Mochammad Syafak Hanung, Sp.A, M.P.H, menjelaskan, mandi air hangat juga bermanfaat untuk orang dengan sistem kekebalan rendah, yakni pasien.

“Mandi air hangat membuat tubuh lebih teroksigenasi, memungkinkan kita bernapas lebih dalam dan lambat, terutama ketika uap sudah muncul. Tubuh akan relaks. Ini berdampak positif pada sistem kekebalan tubuh. Ini sangat baik dan penting bagi pasien maupun pekerja medis,” terang Syafak dalam siaran pers yang kami terima, pekan ini.

Direktur Pemasaran PT Ariston Thermo Indonesia, Erwin Lim, menyadari, sebagian besar pekerja medis jauh dari kenyamanan rumah dan berada dalam kondisi ekstrem.

“Mandi di masa pandemi ini terbukti sangat penting dibandingkan sebelumnya untuk mendekontaminasi tubuh. Karenanya, kami memberi tim medis maupun pasien kenyamanan lewat produk kami. Diharapkan mereka dapat lebih relaks, nyaman, dan tetap sehat,” pungkas Erwin.

Penulis : Adi Adrian
Editor : Adi Adrian