Kelas Inkubasi Sispreneur Berdayakan Perempuan di Tengah Wabah Covid-19

Adi Adrian | 13 Agustus 2020 | 00:49 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Di tengah wabah Corona Covid-19 di Tanah Air yang belum jua surut, kaum hawa berlomba memberdayakan diri. Salah satu caranya, dengan ikut Kelas Inkubasi Sispreneur yang pekan ini diresmikan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Bintang Puspayoga.

Program kolaborasi Kementerian PPPA dan PT XL Axiata Tbk, ini berupaya menghubungkan perempuan pelaku usaha mikro hingga akhir 2020 dengan teknologi digital. Bintang mengingatkan, peran usaha mikro di Indonesia sangat krusial.

“Usaha mikro bertahan dan menyelamatkan ekonomi kita dari krisis moneter pada 1997 dan 1998. Saya yakin, UMKM mampu memulihkan ekonomi akibat pandemi,” ungkap Bintang dalam webinar “Strategi dan Peluang Bagi Perempuan Pelaku Usaha Mikro Go-Digital dan Peluncuran Kelas Inkubasi Sispreneur,” pekan ini.

Adaptasi teknologi dan pemanfaatan e-commerce membantu perempuan pelaku usaha mikro berkontribusi bagi bangsa. Program Sispreneur menyasar 200 perempuan pelaku usaha mikro binaan Kementerian PPPA.

Kelas Inkubasi akan dilaksanakan secara online, sesuai dengan protokol kesehatan. Ada tiga hal pokok yang diajarkan.

Pertama, product ready, yaitu membangun pola pikir perempuan pelaku wirausaha terkait pengembangan usaha dari sisi manajemen keuangan dan pemilihan produk.

Kedua, market ready yang mendidik pelaku usaha mikro untuk memastikan kualitas produk sesuai target pasar.

Ketiga, digital and marketplace ready. Ini terkait kanal promosi agar bisa lebih menjual di platform medsos serta didukung Bukalapak sebagai marketplace.

Peserta Kelas Inkubasi kali ini berdomisili di Sumatra Barat, Kalimantan Barat, Bali, dan Nusa Tenggara Barat. Mereka pelaku usaha mikro yang belum online dan memiliki produk atau jasa seperti makanan maupun kerajinan tangan.

“Para peserta mendapat starter pack/sim card XL Biz gratis dengan benefit Paket Data 5 GB, unlimited call dan sms ke sesama XL, 30 Menit serta 30 SMS ke operator lain, termasuk WhatsApp tanpa batas dan pulsa 5 ribu rupiah,” beber Presiden Direktur & CEO XL Axiata, Dian Siswarini.

Penulis : Adi Adrian
Editor : Adi Adrian