Sering Mengalami Dejavu? Bisa Jadi Ini Penyebabnya

aura.co.id | 2 September 2020 | 02:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Kebanyakan orang pasti pernah mengalami dejavu, suatu perasaan di mana Anda merasa sudah pernah melewati momen atau mengunjungi suatu tempat.

Berdasarkan review tahun 2003 dari jurnal Psychological Bulletin, sekitar dua dari tiga orang di dunia pernah mengalami dejavu sekali atau selama beberapa kali dalam hidupnya. Karena dejavu merupakan sebuah pengalaman yang subjektif, maka para peneliti sulit untuk mencari tahu apa sebenarnya dejavu itu.

Namun, menurut para peneliti, seperti dilansir laman Health, dejavu terjadi karena beberapa hal berikut:

Merasa familiar dengan tempat baru

Beberapa peneliti percaya, dejavu terjadi ketika Anda pergi ke tempat atau melewati momen yang mirip dengan kejadian lalu. Misalnya, Anda mengalami dejavu ketika masuk ke lobi hotel, yang memiliki desain ruangan yang mirip dengan ruang tamu rumah Anda.

Orang yang sering bepergian

Mereka yang suka bepergian (travelling) dan orang yang ingat akan mimpinya, cenderung mengalami dejavu, dibanding mereka yang berdiam di rumah dan tidak ingat akan mimpi mereka.

Gangguan pada otak

Para penderita temporal lobe epilepsy, biasanya mengalami dejavu sebelum mereka mengalami kejang-kejang. Para ahli menuturkan kemungkinan dejavu disebabkan oleh gangguan pada neuron di dalam otak. Selain itu, dejavu juga mungkin terjadi akibat otak yang kesulitan memproses berbagai macam informasi.

 

Penulis : aura.co.id
Editor : aura.co.id