Wisuda di Tengah Wabah Covid-19 dengan Protokol Kesehatan, Seperti Apa?

Adi Adrian | 1 Oktober 2020 | 00:56 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Wabah Corona Covid-19 berdampak ke berbagai sektor termasuk pendidikan. Pada 26 Agustus 2020, Yamaoka Scholarship Foundation menggelar wisuda angkatan penerima beasiswa pertama di kantor PT Yanmar Diesel Indonesia (Yadin) di Depok Jawa Barat.

Wisuda dihelat dengan menerapkan protokol kesehatan ketat dan menjaga jarak fisik demi keselamatan bersama. Kelima wisudawan penerima beasiswa berasal dari Universitas Darma Persada (Unsada). Mereka berupa bantuan tunai 1 juta rupiah tiap bulan.

Acara wisuda dihadiri perwakilan Perhimpunan Alumni dari Jepang (Persada), perwakilan Unsada, dan Presiden Direktur PT Yanmar Diesel Indonesia, Kai Yasuda. Direktur Eksekutif Yamaoka Scholarship Foundation, Nobuyoshi Fujita, hadir secara virtual.

Fujita berharap, beasiswa membantu mahasiswa untuk terus berkarya dan berprestasi. Sebagai informasi, Yamaoka Scholarship Foundation dibentuk Magokichi Yamaoka, pendiri dari Yanmar Co., Ltd. dengan aset pribadi.

Di Jepang, Yamaoka Scholarship Foundation menyediakan dan mengelola beasiswa tingkat SMA, pascasarjana, dan mahasiswa asing yang terlibat penelitian tentang pengetahuan alam.  Sejak 2013, program beasiswa ini menyapa kawasan Asia Tenggara termasuk Indonesia.

Kai Yasuda, menyatakan, pandemi Covid-19 tidak menyurutkan semangat Yadin memberi yang terbaik bagi para pemangku kepentingan, termasuk penerima beasiswa yang lulus tahun ini.

“Atas pertimbangan keselamatan bersama, perayaan tahun ini diadakan secara berbeda. Ini tak mengurangi semangat kami merayakan prestasi para siswa. Kegiatan ini sejalan dengan visi perusahaan, yakni membuat masa depan yang berkelanjutan,” terang Kai dalam siaran pers yang kami terima, pekan ini.

“Siswa adalah penerus masa depan. Mereka perlu didukung untuk membuat dunia yang lebih baik. Semoga kegiatan ini berdampak positif bagi pemangku kepentingan terutama penerima beasiswa.” imbuhnya.

Penulis : Adi Adrian
Editor : Adi Adrian