10 Kiat Sederhana Meningkatkan Kualitas Daya Ingat Anda

TEEN.CO.ID | 3 November 2020 | 01:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Setiap orang pasti ingin memiliki ingatan yang tajam dan kuat. Banyak cara untuk meningkatkan ingatan seseorang. Untuk bisa memiliki ingatan yang kuat dan tajam beberapa aktivitas yang bisa dilakukan adalah melatih kemampuan dan bakat yang Anda punya.

Membaca buku, koran, berita, jurnal yang dapat membantu Anda melatih kepekaan otak, olahraga dan lain-lain. Ada beberapa tips mudah dan sederhana yang bisa membantu Anda meningkatkan daya ingat otak. Apa saja? Berikut ini 10 tips yang bisa kamu coba:

Perhatikan makanan yang Anda konsumsi setiap hari

Untuk meningkatkan daya ingat otak, tentunya harus memperhatikan makanan yang kamu konsumsi setiap hari. Menjaga asupan nutrisi makanan untuk otak, sebenarnya sangat mudah. Anda cukup mengonsumsi sayuran serta mengurangi makanan-makanan yang mengandung kandungan gula yang tinggi.

Salah satu makanan yang bisa meningkatkan daya ingat otak adalah makanan yang mengandung omega 3. Untuk mendapatkan makanan yang mengandung omega 3, Anda bisa mengonsumsi ikan salmon, kedelai, bayam, makanan laut, dan minyak ikan setiap hari.

Menjaga Kualitas Tidur

Untuk menjaga daya ingat agar tetap tajam dan kuat, Anda harus tetap menjaga kualitas dari tidurmu. Tidur yang cukup minimal 6-8 jam setiap harinya untuk mendukung kinerja otak kamu. Dengan tidur yang nyenyak dan berkualitas, bisa membantu pengoptimalan daya kerja otak.

Hindari Mengerjakan Pekerjaan Terlalu Banyak (Multitasking)

Multitasking memang terkadang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari, apalagi bagi Anda yang memiliki segudang aktivitas. Namun menyelesaikan pekerjaan dengan cara multitasking tidaklah bagus karena memiliki dampak yang negatif untuk kesehatan kamu dan daya kerja otak Anda.

Sehingga jika Anda terus-menerus melakukan pekerjaan secara multitasking tentu akan membuat Anda menjadi tidak fokus terhadap suatu pekerjaan bahkan kamu menjadi tidak bisa mengingat salah satu pekerjaan yang sedang dikerjakan saat itu. Lebih baik fokuskan diri untuk mengerjakan satu pekerjaan saja maka tentunya akan membuat daya kerja otak dan ingatan Anda menjadi lebih baik.

Menulis

Menulis merupakan salah satu aktivitas yang membantu daya ingat otak dan konsentrasi Anda menjadi kuat dan tajam. Meskipun hal ini terlihat sangat mudah, namun memiliki dampak yang positif untuk kinerja otak.

Jika Anda suka lupa dengan sesuatu hal, Anda bisa mencoba mengingatnya dan menulis di kertas atau laptop. Dengan menulis, akan menciptakan aliran oksigen yang menuju area otak sehingga apapun yang Anda tulis akan mudah di ingat dibandingkan dengan tidak menulis. Menulis juga dapat membantu peningkatan kapasitas memori otak.

Menjalin Hubungan Sosial

Menjalin hubungan sosial sangat penting dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Karena manusia diciptakan oleh Sang Pencipta sebagai makhluk sosial yang membutuhkan bantuan orang lain. Semakin sering menjalin hubungan sosial dengan masyarakat, semakin otak Anda menjadi lebih tajam.

Bahkan beberapa penelitian menujukkan bahwa kondisi otak dan jantung yang baik akan berkaitan dengan hubungan keluarga yang baik serta hubungan sosial yang baik, Anda bisa mencoba membantu orang yang membutuhkan bantuan, terutama lingkungan terdekat Anda.

Atau Anda juga bisa ikut berpartisipasi dalam suatu organisasi yang memiliki banyak manfaat untuk Anda, salah satunya adalah menambah jaringan pertemanan Anda.

Mulailah hidup yang terorganisir

Mulailah untuk menjalani hidup yang lebih terorganisir agar bisa mengurangi risiko kepikunan. Anda bisa mencoba untuk merancang kegiatan harian atau bulanan agar lebih fokus terhadap tujuan yang ingin Anda capai serta membantu daya kerja otak agar lebih teratur.

Jangan Memikirkan Hal-Hal yang Tidak Terlalu Penting

Terkadang seringkali kita memikirkan hal-hal yang sebenarnya tidak terlalu penting. Hal ini lah yang bisa membuat kamu sering lupa atau pikun. Mengapa bisa demikian ? Karena Anda selalu berusaha memikirkan hal-hal tersebut dan memperhatikan banyak hal yang tidak terlalu penting sehingga membuat kinerja otak Anda menjadi berkurang serta konsentrasi pun bisa terganggu.

Makan Permen Karet Setiap Hari

Terlihat sebenarnya ini sangat sepele namun memiliki khasiat yang bermanfaat untuk daya ingat Anda. Banyak penelitan yang telah membuktikan salah satunya di UK membuktikan bahwa mengunyah permen karet setiap hari bisa membantu kualitas daya ingat seseorang lho.

Ternyata aktivitas ini berkaitan dengan otak terutama pada bagian hippocampus yang bisa meningkat jika kamu sering mengunyah permen karet setiap hari.  

Menonton acara komedi

Ternyata menonton acara komedi, selain bisa menghibur hati seseorang juga bisa membuat daya ingat seseorang menjadi lebih kuat. Tertawa juga dapat menurunkan kadar kortisol, yaitu zat yang jika jumlahnya berlebih dapat merusak hippocampus.

Karena itulah, tertawa memberikan dampak positif untuk seseorang yaitu meningkatkan daya ingat dalam jangka panjang.

Minum Kopi

Selain rasanya yang nikmat, kopi juga bisa meningkatkan daya ingat seseorang lho. Karena kandungan kafein pada kopi dapat meningkatkan retensi memori seseorang. Oleh sebab itu, jika kamu sedang jenuh, nikmati secangkir kopi setiap hari ya.

Penulis : TEEN.CO.ID
Editor : TEEN.CO.ID