Jangan Panik! Ini Langkah Penanganan yang Tepat saat Si Kecil Demam

aura.co.id | 3 November 2020 | 13:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Bunda pasti panik ketika si kecil terserang demam. dr. Reisa Broto Asmoro mengatakan demam bukanlah sebuah penyakit, melainkan sebuah gejala dari adanya suatu penyakit.

"Demam adalah suatu tanda bahwa tubuh kita sedang melawan penyakit oleh karenanya jangan langsung panik jika anak kita mengalami demam," terang dr Reisa Broto Asmoro ketika menjadi pembicara di acara 'Talkshow Parenting: 101 Perawatan Bayi' di Jakarta beberapa waktu lalu.

Mengamini pernyataan dr. Reisa, Riescha Puri Gayatri, parenting influencer sekaligus penulis buku 101 Perawatan bayi mengatakan bahwa ada beberapa cara yang bisa dilakukan ibu kala si kecil demam.

"Pertama, kasih minum. Anak yang demam rentan dehidrasi sehingga ibu harus selalu menyediakan air kala si kecil demam. Kedua, jangan menyelimuti atau mengenakan pakaian tebal pada anak yang sedang demam karena akan membuat anak sumuk dan kepanasan. Ketiga, kompres dengan air hangat dan keempat, kita bisa menggunakan teknik Kangaroo Mother Care di mana ibu menerima panas dari tubuh anaknya melalui kontak skin to skin," papar Riescha.

dr. Reisa Broto Asmoro menambahkan, jika si kecil mengalami panas yang cukup tinggi, ibu diperkenankan untuk memberi obat penurun panas.

"Kalau misal demamnya sudah terlalu tinggi hingga anak tidak bisa beraktivitas normal maka saya sarankan untuk minum obat penurun panas sesuai takaran yang dianjurkan oleh dokter atau yang ada di petunjuk pemakaian. Namun, bagi anak yang memiliki riwayat kejang-kejang, maka jika demamnya mencapai 39 derajat Celcius maka harus langsung diberi obat penurun panas. Jika tak membaik, bawa ke dokter, " saran dr. Reisa.

 

Penulis : aura.co.id
Editor : aura.co.id