Bisa Merusak Nutrisi, 5 Jenis Makanan Ini Tak Boleh Diblender

aura.co.id | 14 Desember 2020 | 04:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Banyak orang terbiasa memblender segala jenis bahan makanan, bahkan dengan alasan untuk kesehatan. Namun tanpa disadari, ternyata ada beberapa makanan yang sebaiknya tidak diblender. Dua alasan utama, karena proses memblender dapat merusak nutrisi makanan yang diblender dan merusak blender itu sendiri. 

Seperti dilansir Reader's Digest, berikut 5 jenis makanan yang tidak boleh diblender. 

1. Sayuran Hijau

Banyak orang sering menghaluskan sayuran hijau untuk kemudian dibuat smoothies. Padahal menghaluskan sayuran hijau dengan blender tidak diperbolehkan karena disebut dapat merusak warna sekaligus mengurangi nutrisi yang terkandung di dalamnya.

2. Kentang

Selain sayuran hijau, kentang juga pantang untuk diblender. Meski nutrisinya tidak berkurang, tekstur kentang akan menjadi terlalu lembek jika diblender. Ada baiknya untuk menumbuknya atau menghancurkannya dengan garpu daripada diblender.

3. Saus Tomat

Hindari mencampurkan saus tomat ketika sedang memblender makanan. Hal itu akan membuat saus tomat berubah warnanya dan cepat busuk. Selain itu, noda-noda bekas saus tomat akan sulit dihilangkan pada blender.

4. Makanan atau Minuman Panas

Memblender makanan atau minuman yang masih panas sangat tidak dianjurkan. Pasalnya, blendermu akan mudah rusak dan keselamatanmu juga bisa terancam ketika blender membludak.

5. Sayuran Berserat

Ternyata tidak hanya sayuran hijau saja, sayuran berserat seperti kol, brokoli, seledri atau wortel juga tidak boleh diblender. Hal itu dikarenakan proses penghalusan yang sulit akan membuat blendermu rusak. Nutrisi dalam sayuran tersebut pun juga berkurang karena serat yang terkandung di dalamnya ikut terurai.

 

Penulis : aura.co.id
Editor : aura.co.id