Hindari 5 Jenis Makanan Ini Agar Maag Tak Kambuh

aura.co.id | 30 Desember 2020 | 23:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Maag adalah gangguan lambung yang banyak diderita di masyarakat Indonesia, terutama wanita. Rasa kembung, perih, mual, dan perasaan ditusuk-tusuk pada bagian lambung serta ulu hati membuat aktivitas terganggu.

Salah satu cara untuk menghindari kambuhnya maag adalah menjaga pola makan. Ada beberapa makanan yang sebaiknya dihindari penderita maag. Apa sajakah makanan yang harus dihindari penderita maag?

1. Buah-buahan yang banyak mengandung gas

Mengonsumsi buah memang sangat baik untuk meningkatkan kesehatan. Akan tetapi ada jenis buah-buahan tertentu yang sebaiknya tidak dikonsumsi oleh penderita penyakit maag. Buah nanas, nangka, rambutan, durian merupakan contoh dari beberapa jenis buah-buahan yang mengandung gas. Kandungan gas pada buah-buahan tersebut dapat memicu naiknya kadar asam dalam lambung sehingga membuat sakit maag kambuh.

2. Beberapa Jenis Karbohidrat

Sebagian makanan yang mengandung karbohidrat juga tidak baik untuk lambung penderita maag. Sebisa mungkin hindari mengonsumsi ketan, mie, bihun, pasta, jagung, ubi, singkong, dan talas bagi anda penderita maag.

3. Gorengan

Bagi anda penderita penyakit maag, sebaiknya hindari konsumsi gorengan yang terlalu berlebih. Makanan yang digoreng dapat mempengaruhi naiknya gas asam di dalam lambung, oleh karena itu mengonsumsi gorengan dapat memicu rasa nyeri pada kerongkongan dan ulu hati atau disebut heartburn.

4. Cokelat

Cokelat juga merupakan makanan pantangan untuk penyakit maag yang harus dihindari. Kandungan kafein dan stimulan lain seperti theobromine yang terdapat pada cokelat dapat memicu naiknya kadar asam di dalam lambung. Selain itu, cokelat juga memiliki kandungan cokelat sehingga tidak baik untuk penderita asam lambung.

5. Makana Pedas

Makanan pedas memang nikmat, tetapi sering makan pedas dengan penambahan cabai yang sangat banyak dapat melukai lambung. Selain itu, makanan pedas selain sambal bisa memberi efek yang sama, misalnya saja merica yang dapat memicu kambuhnya penyakit maag.

Penulis : aura.co.id
Editor : aura.co.id