6 Cara Mencegah Virus Corona Termasuk Kemungkinan Varian Terbarunya

Wida Kriswanti | 1 Februari 2021 | 14:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Pandemi nampaknya masih akan berlangsung panjang. Memasuki tahun keduanya, strategi perlindungan diri mesti ditingkatkan. Tidak hanya untuk mencegah diri dari tertular virus corona covid-19, namun juga termasuk kemungkinan varian terbarunya.

Dilansir Psychology Today, setidaknya ada 6 langkah yang bisa dilakukan, yaitu:

1. Gunakan masker yang lebih baik kualitasnya

Bagi Anda yang masih merasa cukup dengan masker kain, tahun ini pikirkan lagi untuk beralih ke masker medis yang kini lebih banyak ragam model serta teknologi terbaru. Jangan lupa, kenakan masker hingga menutupi hidung. Tambahkan lapisan faceshield jika memungkinkan.

2. Jaga jarak

Lanjutkan untuk menjaga jarak, setidaknya 2 meter satu sama lain, walau sudah mengenakan masker dan perlindungan lainnya. Jangan lupa untuk selalu membersihkan tangan setelah menyentuh permukaan benda-benda.

3. Vaksin covid-19

Jika sudah mendapatkan panggilan atau sudah memungkinkan mendapat vaksin, maka lakukan segera. Vaksin tidak berarti membuat seseorang kebal virus, melainkan menurunkan risiko terpapar atau gejala yang parah.

4. Jangan menghadiri pertemuan massal atau gathering, tanpa mengenakan masker

Tetaplah mengenakan masker, jaga jarak, walau berkumpul bersama keluarga atau teman-teman.

5. Isolasi mandiri saat sakit

Lakukan minimal 10 hari.
Walau belum pasti terkena virus covid-19, tetaplah lakukan isolasi dan pakai masker di rumah, hindari bercengkerama dengan anggota keluarga.

6. Jangan jadikan masalah kesehatan menjadi isu politik

Pandemi harus ditangani secara benar dan cepat. Isu politik hanya akan membuat penanganan menjadi lebih rumit dan banyak drama. Fokuslah untuk bersama-sama mengatasi pandemi ini dulu.

Penulis : Wida Kriswanti
Editor : Wida Kriswanti