3 Jenis Cacing Ini Bisa Menyelinap Ke Tubuh dan Menghisap Darah Manusia

aura.co.id | 8 Februari 2021 | 03:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Anemia atau kurang darah selama ini identik dengan kekurangan zat besi. Padahal, anemia itu tidak melulu karena si pasien kekurangan zat besi.

Dokter Gizi Medik Indonesia DR. dr. Yustina Anie Indriastuti, Msc.,Sp.GK  Yustina mengatakan, anemia bisa disebabkan oleh penyakit lain seperti malaria, cacingan, thalasemia, dan tentu saja kekurangan zat besi.

Menyinggung soal cacing, Yustina mengingatkan setidaknya ada tiga cacing terkenal yang menyebabkan anemia. Pertama, cacing tambang. Ia masuk melalui kulit kaki. 

“Mengapa disebut cacing tambang, karena kali pertama ditemukan pada para pekerja tambang yang bekerja tanpa alas kaki. Sehingga, cacing di dalam tanah dengan leluasa menyelinap melalui kulit kaki mereka. Cacing-cacing itu berenang di sistem peredaran darah dan mengaitkan tubuh mereka di dinding usus halus. Itu menyebabkan pendarahan kecil namun banyak. Lama-lama si penderita mengidap anemia,” Yustina menerangkan.

Kedua, cacing cambuk. Ia bersifat seperti spon yang menyerap darah dan bahkan bisa memasukkan kepala melalui dinding usus. Akibatnya, pasien kehilangan darah. Lama-lama, mengidap anemia. Ketiga yang tak kalah berbahaya, cacing gelang.

“Cacing ini bisa menyebabkan anak-anak kekurangan darah dan perutnya membuncit,” beri tahu Yustina.

Cacing gelang hidup dalam usus manusia sebagai parasit. Ia mencuri makanan yang mjasuk ke dalam tubuh. Selanjutnya, beranak-pinak di tubuh manusia. 

Penulis : aura.co.id
Editor : aura.co.id