4 Bahan Aktif Alami Ini Diyakini Bisa Menurunkan Tigkat Gula Darah

Redaksi | 7 Februari 2021 | 01:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Mencapai angka 10,7 juta, jumlah penderita diabetes di Indonesia terbilang sangat tinggi. Angka tersebut membuat Indonesia berada di peringkat 7 dalam daftar negara dengan jumlah penderita diabetes teringgi di dunia.

Merusak tubuh secara diam-diam, diabetes bisa memicu komplikasi dan membuat penderitanya terserang berbagai penyakit mematikan seperti stroke, gagal ginjal, dan serangan jantung. Hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskerdas) Kementerian Kesehatan pada tahun 2018 menunjukkan bahwa baru sekitar 25 persen penderita diabetes di Indonesia yang menyadari bahwa dirinya menderita diabetes.

Mengacu pada fakta-fakta tersebut, Biogreen Science menciptakan Bio Diabeguard, sebuah produk yang diformulasikan untuk membantu mengontrol dan menurunkan tingkat gula darah.

“Bio Diabeguard diciptakan dengan memaksimalkan kombinasi empat bahan aktif alami yang terbuat dari tanaman asli Indonesia dan India yang memiliki manfaat dalam menjaga gula darah, yaitu momordica charantia fructus, curcuma longa rhizome, cinnamomum burmanii cortex, dan gymnema sylvestre folium,” ujar dr. Richard, dalam jumpa pers virtual Sabtu (6/2).

Momordica charantia fructus, atau pare, mengandung karantin dan polipeptida-P yang memiliki fungsi mengontrol gula darah dan meningkatkan produksi insulin dalam pankreas. Curcuma longa rhizome, atau kunyit, mengandung senyawa bernama kurkumin yang bermanfaat untuk membantu tubuh mengontrol tingkat glukosa dan melawan infeksi serta peradangan.

“Cinnamomum burmanii cortex, atau kayu manis, mampu menurunkan kadar gula dalam darah karena memiliki sifat antihiperglikemik,” kata dr. Richard.

Tanaman yang sering digunakan sebagai bumbu masak tersebut juga memiliki manfaat membantu kinerja sistem pencernaan sehingga kadar gula dapat dicerna dengan lebih baik dan terkendali. Gymnema sylvestre folium, atau jimnema, merupakan tanaman asal India.

Dalam kitab teknik pengobatan tradisional India (Ayuverda) tanaman ini disebut dengan nama gurmar, yang memiliki arti penghancur gula. Studi yang dilakukan oleh University of Mumbai menyebutkan bahwa gymnema membantu tubuh menjaga tingkat gula darah dan meningkatkan kontrol glikemik pada penderita diabetes tipe 2.

Segala manfaat yang diberikan oleh keempat bahan aktif alami yang terkandung dalam Bio Diabeguard dapat membantu mencegah bermacam hal buruk yang ditimbulkan oleh diabetes.

Penulis : Redaksi
Editor : Redaksi