Si Kecil Alergi Susu Sapi, Jangan Menggantinya dengan Susu Kedelai!

Wida Kriswanti | 13 Februari 2021 | 13:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Ketika pemberian ASI mengalami kendala, sufor menjadi alternatif pilihan pengganti sebagai sumber asupan bayi. Akan tetapi, tidak semua bayi cocok mengonsumsi sufor yang umumnya berbahan dasar susu sapi. Bayi yang tidak cocok ini yaitu mereka yang memiliki riwayat alergi susu sapi.

Lantas apakah tepat untuk langsung mengganti asupan tambahan susu dengan sufor berbahan kedelai atau soy milk?

Sebuah fakta diungkap Health Line. Bahwa, berdasarkan hasil penelitian terbaru, susu kedelai justru tidak boleh diberikan kepada bayi dengan riwayat alergi susu sapi. Karena separuh dari bayi dengan riwayat alergi protein susu sapi, akhirnya mengalami alergi protein kedelai juga setelah mengonsumsi sufor berbahan dasar kedelai.

Selain itu, sufor berbahan dasar kedelai juga tidak boleh diberikan kepada bayi dengan berat lahir kurang dari 1,8 kg atau yang lahir dengan gangguan fungsi ginjal. Kandungan tinggi alumunium pada sufor berbahan dasar kedelai akan membuat bayi yang berat lahirnya kurang memiliki struktur tulang yang lebih lemah dibanding bayi yang mengonsumsi sufor berbahan dasar susu sapi.

Menjadi pilihan yang lebih aman bagi orang tua yang anaknya memiliki alergi, adalah sufor terhidrolisis atau sufor yang memang dibuat khusus bagi penderita alergi susu sapi.

Manfaat dan segala kebaikan sufor berbahan dasar kedelai lebih aman diberikan kepada bayi yang tidak lahir prematur dan lahir dengan berat badan ideal, serta tidak memiliki gangguan kesehatan.

Penting sebagai catatan, bahwa anggapan umum terkait sufor berbahan dasar kedelai bisa membuat anak terhindar dari kolik dan memiliki ketahanan tubuh lebih baik saat dewasa tidak terbukti secara ilmiah. Dan sufor berbahan dasar kedelai, kendati menyehatkan dan memberi banyak manfaat kebaikan, tidak bisa setara sebagai pengganti sufor berbahan dasar susu sapi. Karena kandungan gizinya memang beda.

Jika Anda merasa ragu, pastikan untuk mengonsultasikan lebih dulu pilihan sufor Anda kepada dokter yang terpercaya.

Penulis : Wida Kriswanti
Editor : Wida Kriswanti