Curah Hujan Tinggi, Banjir Masih Jadi Ancaman di Jabodetabek

TEMPO | 21 Februari 2017 | 08:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Hujan mengguyur Jakarta sejak dinihari, Selasa, 21 Februari 2017. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika memperkirakan hujan disertai petir berlangsung di hampir seluruh wilyah Jakarta, Bogor Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek).

Deputi Bidang Meteorologi BMKG Yunus S. Swarinoto mengatakan, potensi hujan diperkirakan meningkat dalam beberapa hari ke depan. Fenomena ini disebabkan oleh kondisi suhu permukaan air di Samudera Hindia mendukung pertumbuhan awan hujan di wilayah Jawa Barat dan Sumatera yang relatif tinggi.

"Masyarakat diharapkan tetap mewaspadai potensi peningkatan curah hujan yang dapat disertai angin kencang dan berpotensi mengakibatkan terjadinya banjir, tanah longsor, banjir bandang maupun genangan," kata Yunus dalam keterangan tertulisnya, Selasa, 21 Februari 2017.

Sementara itu, dari akun twitter TMC Polda Metro, terpantau sejumlah wilayah di Jabodetabek masih tergenang banjir dengan ketinggian beragam. Bahkan, Jalan Medan Merdeka Timur dari depan Kantor Kementerian Kelautan dan Perikanan, Stasiun Gambir hingga Kementerian Perhubungan ikut terendam banjir.

"Banjir 70 cm wilayah kelurahan petogogan, kebayoran baru jakarta selatan @Wijaya_BlokM,"cuit akun @TMCPoldaMetro, pukul 06.40 WIB.

"06.15 Banjir depan gedung wika Jaktim, arus kendaraan tidak bisa lewat @boelzmustofah."

"06:25 Banjir 15 cm Jl. KH. Abdullah Syafei arah SMP 115, @bhasty70."

"06:32 Banjir 30cm di perempatan Kebon nanas (samsat Jkt timur) kendaraan dialihkan melalui jalur transjakarta @RrAgnessia."

"06:37 #Banjir sekitar 55 cm di ruas kolong Caman, Kalimalang dan tidak bisa dilalui kendaraan."

"06:55 Banjir 1.5 m depan Lantamal Jl Gn Sahari tidak bisa dilintasi."

"06:59 Banjir 20-30 cm depan Trisakti Grogol."

Imbas dari banjir di sejumlah titik ini, arus lalu lintas mengalami kepadatan. "06.59 Situasi lalin Jalan D I Panjaitan, Depan Patria Park arah Cempaka Putih terpantau padat imbas genangan air.
@hardiyantoardi," tulis akun @TMCPoldaMetro.

"06:51 Imbas Banjir 30 cm depan UKI Cawang arah BNN lalin padat @Ayu_Iko."

"06:49 Imbas Banjir 40 cm depan Wika Tl Halim lama arah selatan ditutup."

 

TEMPO.CO

Penulis : TEMPO
Editor : TEMPO