8 Sinetron Paling Asyik 2014 (1)

Panditio Rayendra | 31 Desember 2014 | 13:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - SINETRON masih menjadi senjata beberapa stasiun TV untuk menggaet penonton.

Meski demikian, persaingan antar-sinetron tidak seketat pada tahun-tahun sebelumnya. Sinetron justru harus bersaing dengan program non-drama dan serial asing.

Pada semester pertama 2014, sinetron bersaing ketat dengan program lawak Yuk Keep Smile (YKS, Trans TV) dan talent search D Academy (Indosiar). Dua tayangan ini sempat merasakan jadi peringkat satu untuk waktu cukup lama.

Sementara pada semester terakhir, serial India yang tayang di ANTV berhasil merontokkan kedigdayaan sejumlah sinetron. Serial Mahabharata dan Jodha Akbar, berulang kali memuncaki data kepemirsaan.

Jika pada tahun-tahun sebelumnya kami merangkum 10 judul, tahun ini kami hanya memilih 8 sinetron paling asyik. Mengapa begitu? Jika pada 2013 ada empat stasiun TV yang menayangkan sinetron di slot primetime, di 2014 ini hanya ada tiga stasiun TV yang konsisten mengisi jam utama dengan sinetron. Indosiar, pasca sukses D Academy, tidak lagi menayangkan sinetron harian di primetime.

Tiga TV yang masih mengandalkan sinetron; RCTI, SCTV dan MNCTV. Sinetron di MNCTV, meski ada dua judul yang sudah menembus 100 episode (Di Sini Ada Tuyul dan Manusia Harimau), performanya jauh dibandingkan sinetron di RCTI atau SCTV.

Contohnya begini. Sinetron di RCTI dan SCTV, jika share-nya tak mampu stabil di atas 16%, sulit bertahan lama. Sementara di MNCTV, sinetron yang share-nya sekitar 10% saja masih diberi kesempatan sampai 100 episode.

Atas alasan itu, hanya ada 8 sinetron yang menurut kami sukses mengikat penonton TV. Daftar berikut tidak berdasarkan urutan.

(ray/yb)

{toplist}id="53"{/toplist}

Penulis : Panditio Rayendra
Editor : Panditio Rayendra