Bukan Reza Rahadian, Aktor Ini Sempat Jadi Kandidat Pemeran BJ Habibie

Supriyanto | 9 Agustus 2017 | 20:10 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Reza Rahadian sukses memerankan tokoh Habibie dalam film biopic Habibie dan Ainun dan Rudy Habibie yang disutradarai oleh Hanung Bramantyo.

Namun, di balik layar ada cerita menarik soal pemilihan aktor.

Mantan Presiden RI, BJ Habibie mengungkapkan Reza Rahadian tidak pernah masuk daftar aktor sebagai pemeran Habibie. Pihak rumah produksi mengajukan Giring Nidji sebagai Habibie muda dan Agus Kuncoro untuk Habibie tua.

"Waktu itu saya bilang terserah kalian (rumah produksi). Yang jelas cerita nanti harus berdasarkan persetujuan saya," kata BJ Habibie dalam jumpa pers di MD Entertainment, Setiabudi, Jakarta Selatan, Selasa (8/8).

Nama Reza Rahadian muncul setelah sang sutradara melihat lukisan masa muda BJ Habibie di sebuah museum. Dibawanya lukisan tersebut ke hadapan BJ Habibie dan menerangkan bahwa sosok yang cocok berperan sebagai Habibie adalah Reza.

"Terus dia (Hanung) minta waktu datang ke rumah saya, dia tanya siapa ini (dalam lukisan). Saya bilang saya. Dia bilang ada orang namanya Reza, dia sedang di Istanbul syuting. Dari beberapa sudut, menurut Hanung mirip. Dia bilang, gimana kalau kami usulkan dia yang pegang peran," Habibie mengisahkan.

"Saya melihat, Reza memang ada kecocokan jadi tidak perlu ekstra make up. Daripada harus berganti aktor, satu saja lah," beber BJ Habibie.

Tidak hanya Reza, BJ Habibie juga menyebut, tokoh Ainun juga sempat alami perubahan. Sebelumnya, produser dan sutradara sepakat dengan Alya Rohali, namun setelah diskusi Bunga Citra Lestari dianggap lebih cocok.

"Saya cuma tanya dari bank mana ini (BCL). Yang saya tahu kan ada BCA, atau apa. Akhirnya ya saya terserah saja," pungkas BJ Habibie.

(pri/ray)

Penulis : Supriyanto
Editor : Supriyanto