Drama Korea Berubah Format, Satu Episode Jadi Cuma 30 Menit!

Andira Putri | 12 Mei 2017 | 13:40 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Ada perubahan besar dalam drama Korea Selatan di tahun 2017. Mulai Rabu (10/5), stasiun televisi MBC dan SBS memangkas durasi satu episode drama menjadi 30 menit. 

Perubahan format dimulai oleh penayangan perdana drama terbaru MBC serta SBS, Ruler: Master of the Mask dan Suspicious Partner. MBC dan SBS melakukan perubahan ini demi bisa menampung lebih banyak iklan. Satu episode drama kini dibagi dua dengan masing-masing durasi 30 menit. Ketika drama tersebut tayang dalam satu malam, ada jeda panjang antara dua bagian tersebut untuk iklan.

Namun, Anda juga perlu ingat. MBC dan SBS menamai dua bagian tersebut dengan judul episode berbeda. Jadi Anda tidak perlu kaget saat melihat Ruler: Master of the Mask atau Suspicious Partner menayangkan episode 1 dan 2 dalam semalam. Perubahan ini kemudian berpengaruh kepada jumlah episode keseluruhan. Drama Korea yang umumnya memiliki 16 episode sekarang terkesan memiliki 32 episode.

Perubahan format ini mempengaruhi Anda yang sering menonton drama Korea lewat layanan streaming. Jika Anda biasanya menonton drama Korea lewat stasiun televisi kabel, tidak ada perubahan berarti. Anda tetap bisa menonton satu episode drama dengan durasi penuh selama 1 jam dalam semalam.

Untuk sementara, perubahan format 30 menit ini hanya terjadi kepada drama MBC dan SBS yang tayang Rabu-Kamis. Belum ada informasi jika tayangan drama Senin-Selasa akan mengikuti format sama. Selain itu, stasiun televisi KBS juga belum melakukan perubahan format dan masih menayangkan drama selama 1 jam penuh dalam semalam.

(dira/wida)

Penulis : Andira Putri
Editor : Andira Putri