The House with a Clock in Its Walls: Film Fantasi Rumahan, Bukan Murahan

Wayan Diananto | 8 Oktober 2018 | 18:10 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Malang betul nasib bocah cilik bernama Lewis Barnavelt (Owen). Setelah kematian orang tuanya, Lewis tinggal bersama pamannya, Jonathan Barnavelt (Jack).

Jonathan, penyihir yang bergaul karib dengan penyihir perempuan Florence (Cate). Di rumah yang penuh dengan barang antik dan jam dinding, Lewis diizinkan berbuat apa saja kecuali membuka kitab yang berada di dalam lemari. Kitab itu konon berisi mantra-mantra berbahaya.

Di sekolah, Lewis kesepian. Ia kemudian berkenalan dengan Tarby (Sunny). Agar Tarby menjadi sahabatnya, Lewis mengundangnya ke rumah. Kepada Tarby, Lewis memperlihatkan kitab terlarang yang tersimpan dalam lemari. Suatu malam, kedua bocah ini nekat pergi ke permakaman. Lewis membacakan isi kitab itu di depan kuburan Isaac Izard (Kyle). Di luar dugaan, Isaac terbangun.

The House film fantasi rumahan. Disebut rumahan karena sepanjang durasi, berisi aktivitas para tokoh di kediaman Jonathan, kompleks perumahan tempat ia tinggal, sekolah, dan permakaman. Eli memaksimalkan cerita dengan memamerkan interaksi intens para tokoh dari kebiasaan Florence-Jonathan saling ledek, hubungan Jonathan dengan orang tua Lewis, cekcok Jonathan dengan tetangga, hingga kehidupan Lewis di sekolah.

Tidak banyak tokoh yang muncul di sepanjang film ini namun setiap karakter tampak kokoh dengan motivasi masing-masing.  Agar tidak membosankan, Eli mengajak penonton berjalan-jalan memasuki hampir setiap ruangan di rumah Jonathan. Kamera menyorot detail beberapa furnitur dari kursi, jam dinding, lukisan, sampai rubanah yang diduga sumber suara-suara aneh. Alhasil, kediaman Jonathan menjelma menjadi taman bermain sarat kejutan.

Eli menjadikan sihir materi yang dekat dengan hidup kita. Sihir bagai cinta. Ia mendekatkan pria kesepian dan wanita yang kehilangan anak, mengikis jarak paman dan keponakan, menyelamatkan nyawa, serta menyadarkan si egois bahwa keluarga adalah segalanya.

Akting Jack tampak relaks, eksentrik, dan egois di beberapa adegan. Performa Cate seperti biasa, sangat konsisten. Ia menjadi rival sekaligus sahabat yang memosisikan diri sebagai pengingat di masa genting.

Di sisi lain, Owen mampu mengimbangi kedua seniornya. Sekali lagi, The House film sihir rumahan. Ia tak berniat menyelamatkan dunia. Eli sadar, dunia yang luas ini terdiri miliaran keluarga. Jadi, kenapa tidak memulai dengan menghangatkan satu keluarga dulu?

Pemain : Jack Black, Cate Blanchett, Owen Vaccaro, Kyle MacLachlan, Sunny Suljic

Produser : Bradley J. Fischer, Eric Kripke, James Vanderbilt

Sutradara : Eli Roth

Penulis : Eric Kripke, John Bellairs

Produksi : DreamWorks, Amblin Entertainment

Durasi : 1 jam, 45 menit

(wyn / gur)

Penulis : Wayan Diananto
Editor : Wayan Diananto