Instagram Punya 45 Juta Pengguna di Indonesia, Terbesar di Asia Pasifik

- | 26 Juli 2017 | 19:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Instagram baru saja membeberkan data internalnya perihal pengguna di Indonesia. Tak kurang dari 45 juta orang Indonesia menggunakan media sosial ini secara aktif, serta tercatat sebagai pembuat konten Instagram Story terbanyak di dunia.

"Di Instagram terjalin komunitas yang beragam dan saling terhubung, termasuk Instameet Jakarta sebagai salah satu yang terbesar di dunia," papar Sri Widowati, Country Director - Facebook Indonesia, dalam presentasinya di Ciputra Artpreneur, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu, 26 Juli 2017.

Dengan jumlah pengguna yang masif, Indonesia menjadi komunitas Instagram terbesar di Asia Pasifik, serta salah satu pasar terbesar di dunia dari total 700 juta pengguna aktif setiap bulan. Padahal, pengguna aktif di awal tahun 2016 hanya 22 juta.

Sri juga memberikan contoh pengguna Instagram yang paham betul minat audiensnya: penyanyi Syahrini dengan akun @princesssyahrini. "Penggemar bisa lebih dekat dengan Syahrini melalui Instagram," ujarnya seraya memberikan contoh konten Instagram Stories dari penyanyi tersebut.

Pengguna Instagram di Indonesia agaknya memang produktif dalam membuat konten. Tercatat, Indonesia merupakan negara penghasil Instagram Story terbesar di dunia, dengan konten dua kali lebih banyak dari rerata global.

Susan Rose, Product Marketing Director Instagram, melihat ini sebagai kesempatan yang bisa merek gunakan untuk lebih dekat dengan konsumennya, jika mereka bisa lebih kreatif. "Adopsi bisnis melalui Instagram di Indonesia termasuk lima tertinggi di dunia," ujarnya.

Susan menggunakan contoh Samsung Indonesia yang nampak mafhum untuk menarik minat konsumen melalui media sosial. Produsen gawai ini ternyata memanfaatkan Instagram Story untuk mendokumentasikan acara pemasarannya.

"Konten harus dibuat dengan baik -- menyebutkan akun, teks dengan latar tersorot, format video vertikal dengan suara," jelasnya. Ia menyarankan untuk tak ragu bermain-main dengan fitur Instagram lain seperti Stickers dan Boomerang.

 

TEMPO.CO

Penulis : -
Editor : -