Edukasi Pola Hidup Bersih Sehat untuk Rayakan Hari Pendidikan Nasional 2021

Yoga Prakoso | 5 Mei 2021 | 01:29 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Pandemi Covid-19 menjadi isu kesehatan global. Memasuki tahun kedua, wabah ini belum memperlihatkan tanda akan reda. Sejumlah pihak mulai menggemakan pentingnya mengatasi masalah gizi serta mengedukasi Pola Hidup Bersih Sehat alias PHBS.

Salah satu yang getol menyuarakan ini, PT Ajinomoto Indonesia dan Institut Pertanian Bogor (IPB) lewat Program Makan Siang Sekolah. Ajinomoto dan IPB menyadari PHBS terkait erat dengan pendidikan gizi seimbang yang dilaksanakan di pesantren penerima program Makan Siang Sekolah.

Program ini terbukti sukses menurunkan prevalensi anemia, memperbaiki status gizi, dan meningkatkan daya konsentrasi atau daya ingat anak-anak di sana. Merayakan Hari Pendidikan Nasional tahun ini yang mengusung “Serentak Bergerak, Wujudkan Merdeka Belajar,” edukasi PHBS dirasa sangat penting diterapkan kepada anak-anak usia sekolah. Ini disampaikan Dosen Fakultas Ekologi Manusia IPB, Purnawati Hustina Rachman, S.Gz., M.Gizi. melalui keterangan pers yang kami terima pekan ini.

“Edukasi PHBS penting diberikan kepada anak-anak di saat seperti ini. Penting bagi anak di Indonesia untuk memperoleh metode pembelajaran yang efektif tanpa takut ancaman kesehatan di sekitar. Dengan penanganan pandemi Covid-19 yang belum stabil, mau tak mau kita harus bantu memberikan support system untuk anak-anak. Kita mewujudkannya melalui pemberian Program Makan Siang Sekolah. Kami tengah mengembangkan ide menyebarkan program ini ke lebih banyak pesantren dan sekolah,” kata Hustina.

Dengan demikian, program ini dapat menjangkau lebih banyak anak sekolah, remaja, dan berkontribusi meningkatkan pendidikan gizi di Indonesia. Public Relations Manager PT Ajinomoto Indonesia, Katarina Larasati, mendukung gagasan Hustina.

“Dengan kondisi saat ini, PT Ajinomoto Indonesia berkomitmen terus berkontribusi menanggulangi masalah gizi di Indonesia dengan sosialisasi Program Makan Siang Sekolah ke pesantren dan sekolah bersama IPB.”

Penulis : Yoga Prakoso
Editor : Yoga Prakoso