Terlalu Banyak Minum Air Putih Bisa Merusak Ginjal? Ini Faktanya

Redaksi | 23 Juli 2021 | 12:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Minur air putih memiliki banyak manfaat. Selain teman diet, mengonsumsi air putih secara teratur menciptakan hidrasi sehat. Yang dimaksud dengan hidrasi sehat, kecukupan volume air putih dalam tubuh yang disesuaikan antara kebutuhan dan karakteristik cairan sehingga kesehatan tubuh tidak terganggu.

Sayang, ternyata masih banyak rumor menyesatkan yang beredar di masyarakat.

“Salah satunya menyebut banyak minum air putih membuat ibu hamil lebih sering kencing. Sering kencing membuat ginjal bekerja lebih keras. Akhirnya membuat organ vital ini cepat aus alias rusak,” ujar  Prof. Dr. dr. Budi Wiweko, SpOG(K) MPH. Ia membantah rumor ini.

“Itu mitos, kecuali ibu hamil punya faktor pemicu seperti fungsi jantung dan ginjalnya jelek duluan. Jadi riwayat kesehatan ibu hamil mesti dicek dulu. Selain itu, produksi air ketuban mesti dipantau. Jangan sampai berlebih. Jika berlebih bisa jadi ada masalah dengan saluran penceraan janin sehingga air ketuban yang diminum tidak bisa dikeluarkan lagi. Misalnya, terdapat sumbatan di usus janin sehingga air di tubuh janin tidak bisa dikeluarkan lagi,” ulasnya.

Penulis : Redaksi
Editor : Redaksi