Ketahui Cara Efektif Berhenti Merokok Meski Sudah Ketergantungan

Redaksi | 24 Juli 2021 | 21:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Memang tak sedikit perokok aktif yang merasa kesulitan untuk berhenti merokok. Bahkan, diantara mereka ada yang sudah mencoba dengan berbagai terapi dan pengobatan namun gagal juga. 

Berhenti merokok memang tidak mudah, namun bukan tidak mungkin. Dengan komitmen yang kuat untuk mendapatkan tubuh yang sehat, Anda bisa menghentikan ketergantungan merokok.

"Butuh keinginan dan tekad yang kuat untuk berhenti merokok, karena memerlukan waktu," kata Konsultan Adiksi, dr. Tribowo Tuahta Ginting dalam Alomedika Round Table Discussion: Adiksi Nikotin.

Menurutnya, ada 70 persen yang mengatakan mereka ingin berhenti merokok. Namun fakta di lapangannya, hanya 7,9 persen yang berhasil lepas dari jerat rokok tanpa bantuan.

“Karena itu butuh dukungan orang lain untuk membantu dan memotivasi. Metodenya ada beberapa pilihan," ujar dr. Tribowo.

Pertama, kata dr. Tribowo, yakni Cold Turkey. Metode ini dilakukan dengan cara mengentukan seluruh asupan nikotin yang masuk secara langsung.

Kedua, metode adalah Menunda. Dikatakan dr. Tribowo, metode menunda ini lebih pada mengatur waktu merokok. Misalnya jika kebiasaan merokok dimulai pada pukul 6 pagi, maka ditunda hingga pukul 8. Lalu besoknya, rokok pertama ditunda hingga pukul 10.

“Jadi tiap harinya bisa ditunda 1-2 jam untuk memulai rokok pertama,” jelasnya.

Ketiga adalah Mengurangi Jumlah. Cara ini dilakukan dengan mengurangi jumlah rokok yang dikonsumsi per harinya. Misalnya dalam 3 bulan harus berhenti merokok maka akan dihitung per harinya.

Namun, lanjutnya, untuk menerapkan cara tersebut terlebih dahulu kenali tahap perubahan individu dan status ketergantungannya.

"Jika merasa kesulitan dan butuh seseorang untuk membantu, sebaiknya konsultasikan dengan dokter," tutupnya. 

Penulis : Redaksi
Editor : Redaksi