Menua dengan Sehat, Patut Didukung Asupan Gizi dan Edukasi Soal Healthy Aging

Yoga | 26 Juli 2021 | 14:32 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Menua dengan sehat harapan tiap insan. WHO mendefinisikan healthy aging sebagai proses pengembangan dan mempertahankan kemampuan fungsional atau kesehatan fisik, sosial, dan mental agar tetap sejahtera untuk meningkatkan kualitas hidup seiring bertambahnya usia.

Persentase penduduk lansia di Indonesia terus naik. Populasi lansia diproyeksikan mencapai hampir seperlima dari total penduduk Indonesia pada 2045. Penuaan yang dialami kelompok lansia berisiko lebih tinggi mengidap penyakit tak menular kronis seperti hipertensi, anemia, diabetes, serangan jantung, arthritis, strok, serta obesitas.

“Karenanya, asupan gizi dalam bentuk functional food product dan edukasi tentang healthy aging sangat penting. Keduanya berperan memastikan populasi dewasa muda Indonesia saat ini memiliki kesehatan yang baik sehingga tetap bisa produktif di usia lanjut,” kata Medical and Scientific Affairs Director Danone Specialized Nutrition Indonesia, Dr. dr. Ray Basrowi, MKK., dalam webinar “Background Briefing Healthy Aging,” pada Senin (26/7/2021).

Ray menyebut, dokter umum patut dibekali pengetahuan dan sikap terkait penuaan yang sehat agar kualitas layanan kesehatan untuk lansia kian optimal. Ini sejalan dengan hasil riset tim sains Nutricia General Practitioners’ Perspective towards Healthy Ageing In Indonesia (2020) yang menyebut, 92 persen dokter umum yang jadi responden mendukung pemberian nutrisi tambahan untuk orang dewasa demi penuaan yang sehat. Tapi dari segi pengetahuan, 67 persen responden menunjukkan hasil kurang memadai, khususnya terkait perubahan psikologis yang terjadi pada orang dewasa.

“Intervensi nutrisi rutin sebagai suplementasi belum menjadi rekomendasi dari kebanyakan dokter umum. Diharapkan para dokter umum mengusulkan identifikasi risiko nutrisi dan promosi perilaku diet sehat selama konsultasi bagi pasien dewasa,” beri tahu Roy.

Corporate Communication Director Danone Indonesia, Arif Mujahidin, menambahkan, “Perusahaan kami mendukung kesehatan masyarakat melalui gizi berkualitas di berbagai tahap kehidupan. Kami berupaya mendukung kesehatan masyarakat, termasuk bagi populasi pre-senior dan senior, agar dapat menikmati masa puncak usia produktif hingga lansia nanti.”

Penulis : Yoga
Editor : Yoga