Selera Makan Lansia Yang Habis Sakit Cenderung Rendah, Ini Solusinya

Yoga Prakoso | 26 Oktober 2021 | 02:14 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Selera makan seseorang kadang naik, kadang turun. Ada banyak cara untuk mengatasi selera makan yang turun. Ini terungkap dalam webinar “Peran Penting Umami dalam Meningkatkan Asupan Gizi dan Kesehatan Lansia,” yang digelar PT Ajinomoto Indonesia dan PT Rumah Inovasi Natura baru-baru ini. Pakar gizi dan Ketua Indonesia Sport Nutritionist Association, Dr. Rita Ramayulis, DCN, M.Kes, menjelaskan pada dasarnya hormon-hormon pengatur selera makan pada lansia cenderung menurun, terlebih saat diopname di rumah sakit.

Karenanya saat lansia diopname, proses pemulihan makin lama jika asupan nutrisinya sedikit. “Selera makan lansia serta orang-orang yang baru sembuh cenderung rendah karena berbagai faktor fisiologis dan psikologis. Itu dapat diatasi dengan meningkatkan reseptor rasa yang dimiliki melalui pengaturan rasa dasar yakni manis, asam, pahit, asin, dan umami,” terang Rita. Penggunaan MSG sebagai salah satu sumber rasa umami pada makanan di rumah sakit bisa menjadi solusi untuk mempercepat proses pemulihan pasien lansia yang diopname.

“Sudah banyak penelitian yang membuktikan, salah satunya dilakukan Shigeru Yamamoto dkk. pada 2009. Dalam penelitian itu, terbukti bahwa pemberian MSG pada makanan yang dikonsumsi lansia membuat mereka lebih banyak memproduksi saliva. Itu penting untuk mambantu proses mengunyah dan menelan pada lansia,” Rita menerangkan. Public Relations Manager PT Ajinomoto Indonesia, Katarina Larasati, menjelaskan, diharapkan para peserta webinar lebih paham dan meneruskan informasi yang mereka dapat ke masyarakat luas.

“Webinar ini diperuntukkan bagi ahli gizi, ahli diet, mahasiswa dan mahasiswi gizi. Kami merasa perlu menyebarkan fakta yang benar dan informatif tentang bumbu umami yang akan mendukung masyarakat Indonesia tetap sehat saat pandemi Covid-19. Kami berharap para peserta dapat menyebarkan fakta informatif dan ilmiah tentang apa yang kami sampaikan hari ini kepada masyarakat luas,” katanya lewat siaran pers yang kami terima pekan ini.

Penulis : Yoga Prakoso
Editor : Yoga Prakoso