Antiseptik dengan PVP-I dan Iota Carageenan Efektif Bunuh Virus SARS-CoV2

Yoga Prakoso | 29 Oktober 2021 | 00:02 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Grafik jumlah kasus baru harian Covid-19 dikabarkan melandai namun bukan berarti publik boleh mengendurkan protokol kesehatan. Selain mematuhi protokol kesehatan dan menjalani vaksinasi, tak ada salahnya rutin pakai antiseptik dengan kandungan Povidone-Iodine (PVP-I) dan Iota Carageenan yang terbukti efektif membunuh virus SARS-CoV2. Ini terungkap dalam webinar bertajuk “Extra Protection for the New Normal! Proteksi Ekstra Hidung, Mulut dan Tenggorok di Masa Normal Baru,” yang digelar Kamis (28/10/2021).

Ketua Divisi Laring Faring Departemen THT FKUI-RSCM, dr. Syahrial M. Hutauruk, Sp.THT-KL menyebut WHO menganjurkan masyarakat mengurangi paparan dan transmisi penyakit atau infeksi lewat kebersihan diri meliputi tangan, saluran pernapasan, dan keamanan pangan. “Di masa pandemi ini, penting menjaga kebersihan mulut maupun saluran pernapasan dengan berkumur dan semprot tenggorok pakai antiseptik PVP-I. Mulut dan tenggorok jalan masuk serta reservoir dari SARS CoV2 penyebab Covid-19,” katanya.

Praktisi dan Edukator Kesehatan, dr. Mery Sulastri menambahkan, masyarakat juga perlu jaga kebersihan rongga hidung. Hidung salah satu jalan masuk dan reservoir SARS-CoV2. Iota Carrageenan efektif menurunkan viral load di rongga hidung. “Iota Carrageenan melapisi dinding mukosa hidung dan mencegah virus menempel pada reseptor untuk bereplikasi. Penggunaan semprot hidung Iota-Carrageenan perlindungan tambahan untuk rongga hidung selama masa normal baru,” ujar Mery.

Mundipharma Indonesia menghadirkan rangkaian produk URT Care terdiri dari Betadine Mouthwash & Gargle dan Throat Spray dengan kandungan antiseptik PVP-I. Lalu Betadine Cold Defence Nasal Spray yang mengandung Iota Carragenaan dan Betadine Lozenges dengan kandungan menthol plus eucalyptus. Country Manager Mundipharma Indonesia, Mada Shinta Dewi menerangkan pihaknya mendukung upaya pemerintah menanggulangi wabah dengan mengedukasi tenaga kesehatan dan masyarakat secara berkesinambungan.

“Program ini berfokus pada pencegahan, pemutusan rantai infeksi dan menurunkan tingkat keparahan infeksi Covid-19. Kami harap kebiasaan berkumur sampai tenggorok, serta semprot tenggorok dan hidung ini dijadikan bagian dari normal baru,” cetusnya.

Penulis : Yoga Prakoso
Editor : Yoga Prakoso