Agar Tetap Bugar dan Sehat, Anak Perlu Gerak Aktif 60 Menit Tiap Hari

Yoga Prakoso | 6 November 2021 | 00:58 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Ketua Umum Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga (PDSKO), Dr Leny Pintowari, Sp.KO mengingatkan, agar tetap sehat dan bugar, anak-anak perlu rutin bergerak aktif atau berolahraga setidaknya 60 menit per hari. Dengan bergerak aktif, tumbuh kembang anak-anak menjadi lebih optimal. Bergerak aktif baik untuk perkembangan fisik, mental, dan spiritual anak. Ini dikatakan Leny dalam peluncuran virtual Kampanye 3M ABC: Kampanye edukatif dari Kemendikbudristek dan Kalbe Consumer Health lewat merek Sakatonik ABC.

Gerakan Senam 3M ABC disusun para Dokter Spesialis Kesehatan Olahraga dari PDSKO dengan memasukkan unsur pengingat protokol kesehatan 3M dan gaya hidup sehat ABC yakni Asupan nutrisi, Bergerak aktif, dan Ceria. Gerakan ini mudah diterapkan dan terasa menyenangkan bagi anak-anak. Durasinya pun hanya 12 menit dan dapat dilakukan beberapa kali sehari. Anak-anak dianjurkan melakukan senam ini secara rutin minimal 10 sampai 12 minggu untuk mendapat setidaknya enam manfaat.

Pertama, meningkatkan daya tahan tubuh. Kedua, mempertahankan serta meningkatkan ketahanan jantung dan paru-paru. Ketiga, meningkatkan kekuatan otot dan tulang. “Keempat, meningkatkan kelenturan tubuh. Kelima, mendukung perkembangan fisik, mental, sosial, perilaku dan kognitif anak. Terakhir, melindungi dari penyakit akibat kurang gerak seperti kegemukan, diabetes, hipertensi, keropos tulang dan lain-lain,” ungkap Leny pada Jumat (5/11/2021). Senada dengan Leny, Direktur Kalbe Consumer Health, Feni Herawati menggarisbawahi pentingnya asupan nutrisi lengkap dan seimbang bagi anak.

“Asupan nutrisi lengkap dan seimbang kunci tumbuh kembang optimal anak. Memenuhi kecukupan nutrisi dan pemberian multivitamin Sakatonik ABC setiap hari bisa menunjang perkembangan fisik, daya tahan tubuh, dan kecerdasan anak,” kata Feni. Kampanye 3M ABC bentuk komitmen Kalbe Consumer Health dalam mendukung gerakan 3M dan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas oleh Pemerintah. Kampanye ini juga mendukung tumbuh kembang dan kesehatan anak Indonesia, lewat multivitamin lengkap dari vitamin A hingga E.

Penulis : Yoga Prakoso
Editor : Yoga Prakoso