Kini Ada Peranti Pengukur Kebugaran Tubuh dari Detak Jantung, EKG Hingga Pola Pernapasan

Yoga | 14 November 2021 | 19:52 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Perkembangan teknologi berdampak ke berbagai aspek kehidupan masyarakat termasuk kesehatan. Salah satu yang diperkenalkan kepada publik pekan ini, XL Axiata Wearable Device yakni pengukur kondisi kebugaran tubuh dari detak jantung, EKG, pola pernapasan, suhu tubuh, langkah, dan kalori pada saat bersamaan berbasis Internet of Things (IoT). Solusi IoT dipilih karena mampu memberi visibilitas secara real-time kapan saja di mana saja tanpa dibatasi jarak dan waktu. Perangkat ini diluncurkan secara virtual pada Jumat (12/11/2021).

Semua sinyal terus menerus dan instan diukur lalu dianalisis dengan platform terintegrasi IoT XL Axiata, sehingga memberi report analisis kebugaran penggunanya dari waktu ke waktu. Kelebihan lain, adanya notifikasi yang dapat diatur untuk memberikan peringatan apabila ada perubahan tertentu yang terjadi. Perangkat canggih ini sangat membantu dan memudahkan pengguna yang ingin memperbaiki kebugaran atau mendeteksi dini masalah jantung maupun pernapasan. Untuk penggunaan layanan ini lebih lanjut, XL Axiata bekerja sama dengan Rumah Sakit Metropolitan Medical Centre (RS MMC).

“Dengan adanya perangkat IoT Wearable Device di Wellness Centre RS MMC, pasien akan lebih peduli pada kondisi tubuh masing-masing karena saat ini sudah dapat diukur secara real-time. Dengan demikian, saat ini pasien di Wellness Centre dapat rekondisi tubuh, meningkatkan kebugaran, serta meningkatkan derajat kesehatan,” ungkap CEO Rumah Sakit Metropolitan Medical Centre (MMC) Jakarta, Dr. Roswin Rosnim Djaafar, MARS.

Chief of Enterprise and SME Officer XL Axiata, Feby Sallyanto, menambahkan pihaknya berkomitmen menghadirkan beragam solusi IoT untuk seluruh sektor industri termasuk teknologi kesehatan. “XL Axiata Wearable Device ini bisa menjadi perangkat cerdas yang membantu RS MMC mengukur kondisi pengguna secara cepat dan tepat. Ke depan, kami terus mengembangkan solusi berbasis IoT. Kami akan memperluas kerja sama dengan sejumlah pusat kesehatan dan kebugaran,” Feby menambahkan.

Penulis : Yoga
Editor : Yoga