Riset PDSKJI: 66 Persen Responden Depresi Akibat Pandemi, Gejala Gangguan Tidur Disorot

Redaksi | 17 November 2021 | 00:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Pandemi Covid-19 berdampak pada kesehatan fisik dan mental masyarakat maupun para penyintasnya. Riset dari Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa Indonesia atau PDSKJI bertajuk “Masalah Psikologis Terkait Pandemi Covid-19 di Indonesia dan Trauma Psikologis Terkait Covid-19” yang diakses pada 25 Oktober 2021 menguak sejumlah data mencengangkan. Sebanyak 66 persen dari 1.305 responden mengaku depresi dan 80 persen dari 182 hasil swaperiksa memperlihatkan gejala stres pascatrauma psikologis. Ini terjadi karena mengalami atau menyaksikan peristiwa tak menyenangkan terkait Covid-19.

Depresi menurunkan kesehatan fisik dan salah satu gejala utamanya yakni gangguan tidur. Gangguan tidur menyebabkan sesorang memiliki kualitas atau kuantitas tidur yang rendah. Padahal kualitas dan kuantitas tidur memengaruhi imunitas, pola makan, kesehatan kulit, hingga working memory. Lewat siaran pers yang kami terima pekan ini, Ketua Umum Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia (PDPOTJI), Dr. (Cand) dr. Inggrid Tania, M.Si mengatakan, selama pandemi, 22 persen orang mengaku kualitas tidur mereka memburuk akibat kejadian terkait Covid-19 yang berujung kecemasan.

“Untuk mendapat kuantitas tidur yang baik, orang dewasa butuh 7 hingga 9 jam pada malam hari. Tanda kita memiliki kualitas tidur yang baik yakni tidak terbangun tengah malam atau hanya terbangun sekali, lalu terlelap lagi 20 menit setelahnya,” katanya. Ada banyak cara untuk memperbaiki kualitas tidur, salah satunya mengonsumsi herbal. Sinergi passion flower, valerian, dan jahe misalnya, efektif meningkatkan total sleep time, meningkatkan kualitas tidur serta mengatasi efek buruk kurang tidur dari masuk angin hingga penurunan imunitas. “Passion flower dan valerian mengatasi ketegangan saraf, spasme otot, kolik usus, migrain, neuralgia, gangguan cemas hingga insomnia,” terang Inggrid.

Kombinasi ketiganya hadir dalam Antangin Good Night. Chief Business Development and R&D PT Deltomed Laboratories, apt. Drs. Victor S. Ringoringo, S.E., M.Sc., menjelaskan, “Antangin Good Night 100 persen herbal dengan kandungan passion flower, valerian, dan jahe yang meningkatkan kualitas tidur juga meredakan masuk angin dengan sensasi hangat. Ia telah memperoleh sertifikasi Halal MUI dan memiliki izin edar dari Badan POM RI.”

Penulis : Redaksi
Editor : Redaksi