Sarinah Jaktent Week 2021 Tampilkan Keindahan Kain Tenun Kampung Adat Nggela Flores

Redaksi | 9 Desember 2021 | 22:45 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Selain batik, kain tenun dari daerah Indonesia bagian Timur mulai banyak digemari pecinta fashion. Nah, pada Jumat (3/12) di ajang Sarinah Jakarta Content (Jaktent) Week 2021, ditampilkan keindahan kain tenun dari Kampung Adat Nggela, Flores, Nusa Tenggara Timur. Di gelaran tersebut ditampilkan peragaan busana karya desainer Hayuning Sumbadra (Adraworld) yang menampilkan 12 karya masterpiece. Hayuning menggunakan material dari kain tenun karya perempuan Kampung Adat Nggela.

Adapun peragaan busana tersebut sekaligus menjadi ajang kegiatan amal, di mana seluruh penjualan dari karya busana yang dipamerkan akan disumbangkan untuk pembangunan rumah adat di Kampung Nggela yang terbakar pada 2018 silam. "Sarinah adalah sebuah brand ikonis atau fashion brand yang menggunakan produk lokal dan UMKM. Dengan kerja sama ini apalagi fashion show dan display dari produk lokal akan menjadi ciri khas Sarinah ke depannya," ujar CEO dan Director Sarinah Fetty Kwartati, Kamis (2/12).

Sarinah Jakarta Content (Jaktent) Week 2021 diselenggarakan mulai 1 hingga 12 Desember 2021.  Perhelatan ini menjadi wadah mempromosikan konten dan jenama lokal berkualitas agar dapat bersaing di kancah yang lebih luas. Sarinah Jakarta Content Week 2021 dihelat oleh Yayasan 17.000 Pulau Imaji dan Frankfurt Book Fair serta didukung Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta, Jakarta Creative City Forum (JCCF), Indonesia Creative City Network (ICCN), dan PT. Bank Rakyat Indonesia.  Selain peragaan busana, di Jakarta Content (Jaktent) Week 2021 juga diselenggarakan pameran, pengumpulan donasi, pemutaran film, bazar produk lokal, hingga gelar wicara.

Kolaborasi antara Jaktent dan Sarinah itu menjadi bagian dari "goes to launching" Sarinah yang akan diadakan pada Maret 2022. "Sudah waktunya kita mempunyai satu tempat untuk membuat produk lokal menjadi primadona di negeri sendiri dan siap mendunia," kata Fetty. Ditambahkan General Manager JakTent Alvinta Purba, para jenama lokal yang terlibat dalam kegiatan ini dapat semakin berkembang dan turut memajukan industri kreatif Tanah Air. "Target Jaktent,  kami ingin menjadikan Jakarta menjadi kreatif sektor hub di Asia Pasifik," tuturnya.
 

Penulis : Redaksi
Editor : Redaksi